Kamis, 12 Desember 2019


Raih Podium Pertama di Thailand, Baby Alien Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 125
Raih Podium Pertama di Thailand, Baby Alien Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2019

Marc Marquez merayakan kemanangannya di MotoGP Thailand, Minggu (6/10/2019)

PEMBALAP MotoGP asal Spanyol, Marc Marquez, berhasil menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019. The Baby Alien sukses memastikan gelar tersebut usai menjuarai MotoGP Thailand.

MotoGP di Negeri Gajah Putih adalah seri ke-15 dari total 19 seri. Pagelaran ini berlangsung di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Minggu (6/10/2019).

Adapun posisi kedua pada MotoGP Thailand, ditempati oleh Fabio Quartararo, pembalap Petronas Yamaha, yang bersaing ketat dengan Marquez saat balapan di Buriram. Sementara podium ketiga diraih pembalap Movistas Yamaha, Maverick Vinales.
Dengan finis di posisi pertama, artinya Marquez mendapat tambahan 25 poin, sehingga totalnya menjadi 325. Perolehan poin itu tak mungkin dapat dikejar oleh pembalap lainnya, meski balapan MotoGP menyisakan empat seri lagi.

Pesaing terdekat Marquez pada musim ini, Andrea Dovizioso (Ducati), hanya finis di urutan keempat pada balapan Thailand. Total poinnya saat ini adalah 215. Seandainya bisa menjuarai empat seri tersisa pun, poin maksimal yang akan diraih Dovizioso adalah 315, tetap kalah dari Marquez (325).

Dari 15 seri yang sudah berlangsung, Marquez secara keseluruhan telah meraih 14 podium, dengan catatan juara 9 kali, 5 kali runner up. Satu-satunya seri yang ia tidak naik podium adalah saat MotoGP Amerika, ketika itu ia hanya finis di urutan kelima.

Berikut ini adalah hasil yang dicapai Marc Marquez pada MotoGP musim 2019. MotoGP Qatar (runner-up), MotoGP Argentina (juara) MotoGP Amerika (5).

MotoGP Spanyol (juara) MotoGP Perancis (juara) MotoGP Italia (runner-up) MotoGP Catalunya (juara) MotoGP Belanda (runner-up) MotoGP Jerman (juara) MotoGP Ceko (juara) MotoGP Austria (runner-up) MotoGP Inggris (runner-up).

Lalu pada MotoGP San Marino (juara) MotoGP Aragon (juara) MotoGP Thailand (juara). Adapun empat seri tersisa adalah MotoGP Jepang, MotoGP Australia, MotoGP Malaysia dan MotoGP Valencia.

Bagi Marquez, gelar juara pada 2019 adalah yang ke-6 sepanjang kariernya, sekaligus gelar juara dunia ke-8 dari semua kelas, termasuk 125cc dan Moto2. Sebelumnya, Marquez menjadi juara dunia MotoGP pada tahun 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018. (oto)