Bupati Natsir Janji Perhatikan Pembinaan Olahraga di Kapuas Hulu

Sport

Editor elgiants Dibaca : 84

Bupati Natsir Janji Perhatikan Pembinaan Olahraga di Kapuas Hulu
FOTO BERSAMA- Pengurus KONI Kabupaten Kapuas Hulu foto bersama dengan Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar, usai pelantikan pengurus KONI Kapuas Hulu, hasil Musorkablub KONI Kapuas Hulu, Sabtu (6/4).
PONTIANAK, SP - Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir, memastikan bahwa Pemkab akan terus memperhatikan dan mendukung pembinaan olahraga. Hal ini disampaikan oleh Bupati Natisr tatkala membuka Musorkablub KONI Kabupaten Kapuas Hulu.

"KONI adalah wadah berkumpulnya insan olahraga, yang sadar akan tanggungjawab terhadap bangsa dan negara. Jadi, merupakan bagian dari pembangunan itu sendiri. Artinya, Pemkab pasti selalu bersinergi," kata Bupati Natsir.

Tujuan akhir olahraga, yang juga menjadi salah satu pilar pembangunan bangsa adalah mencapai cita-cita membentuk manusia Indonesia seutuhnya. Yang mampu berkarya dalam pembangunan nasional, dengan menunjukkan prestasi olahraga.

Oleh karenanya, ujar Bupati Natsir, KONI merupakan organisasi keolahragaan nasional, yang berwenang dan bertanggungjawab mengelola, membina, mengembangkan, dan mengoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga prestasi.

"Dengan tujuan tersebut, bisa membangun watak, mengangkat harkat dan martabat kehormatan bangsa, dalam rangka ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkokoh ketahanan nasional," tuturnya.

Selain itu, keberadaan KONI yang dibentuk di tingkat Nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, sangat dibutuhkan untuk menggairahkan semangat olahraga. Sehingga, Pemda Kapuas Hulu mendukung penuh untuk memajukan olahraga itu sendiri.

Bupati Natsir berharap, adanya Musorkablub bisa kembali menghidupkan motor penggerak organisasi KONI di Bumi Uncak Kapuas. Ia berpesan, jadikan Musorkablub sebagai momentum kebangkitan olahraga di Kapuas Hulu.

"Ini harus benar-benar digunakan oleh seluruh Cabor dan Pemda, untuk bersinergi bersama menggiatkan kembali olahraga. Kita wajib bekerja sama membangun prestasi Atlet Cabor," papar Bupati Natsir.

Pria yang menjabat dua periode sebagai Bupati tersebut mengintakan akan turunya prestasi pada Pekan Olahraga Provinsi (Porporv) Kalbar ke-12 Tahun 2018. Pada pesta olahraga terbesar di Bumi Khatulistiwa tersebut, Kontingen Kapuas Hulu hanya menempati peringkat ke-13 dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalbar.

Kontingen Kapuas Hulu hanya meraih 12 emas ada, 11perak 11, dan 24 perunggu. Sementara, anggaran yang digelontorkan oleh Pemkab sekitar Rp2,5 miliar. Namun, karena memang kurang pembinaan Atlet Cabor, maka prestasinya menurun.

"Ini jadi alarm bagi segenap insan olahraga di Bumi Uncak Kapuas. Artinya sedang ada sesuatu dengan pembinaan olahraga yang ada, ini harus menjadi perhatian bersama. Untuk itu, perlunya pembenahan pengelolaan, pembinaan, pengembangan, maupun pengorgnisasian," ungkapnya. (sap/mul)