Cabor Bela Diri Harus Tembus Empat Besar

Sport

Editor elgiants Dibaca : 94

Cabor Bela Diri Harus Tembus Empat Besar
KONI Kalbar terus memotivasi Cabor-Cabor yang akan bertarung di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020. Untuk lolos ke pesta olahraga empat tahunan terbesar di Tanah Air tersebut, KONI telah menyepakat beberapa syarat khusus.

Misalnya dengan Cabor Bela Diri. KONI Kalbar mematok Cabor Bela Diri pada kualifikasi Pra PON 2019, harus masuk peringkat 4 besar. Artinya, apabila ada atlet Cabor Bela Diri bisa meraih posisi empat besar saat Pra-PON, maka akan diberangkatkan ke PON XX.

"Sudah kita sepakati, apabila memang tidak ada yang bisa tembus empat besar, maka tidak akan kita kirim ke PON 2020," ujar Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar.

Dengan prestasi empat besar, maka potensi meraih medali, minimal perunggu sudah dalam genggaman. Untuk itu, KONI Kalbar terus memacu semangat atlet berpotensi meraih medali.

"Tinggal bagaimana memacu atlet dengan sisa waktu yang ada untuk merebut bahkan medali emas. Lewat Pengprov, semuanya terus kita usahakan agar berjalan baik," ujarnya.

Ada beberapa Cabor Bela Diri yang menjadi Cabor potensial Kalbar, di antaranya Pencak Silat, Tarung Derajat, Wushu, Judo, Tinju, Taekwondo, Karate, dan Muaythai.

Erwin menjelaskan Koni pusat memang telah memantapkan untuk PON 2020 di Papua, hanya diikuti peringkat delapan besar untuk masing masing cabang olahraga. Namun ini belum dipotong dengan wild card dan jatah tuan rumah Papua.

H Fachrudin mengatakan, Papua sebagai tuan rumah, dipastikan sudah meloloskan atletnya, karen ini memang sudah menjadi ketentuan PB PON. Kemudian ada jalur wild card, yang diberikan kepada Atlet Pelatnas. 

"Jadi mereka tidak ikut Pra PON, karena aturanya memang begitu. Jadi rill-nya untuk masuk PON harus masuk peringkat enam besar setiap Cabor, baik beregu maupun perorangan," papar H Fahcrudin.

KONI sendiri dalam persiapan ke Pra-PON telah membentuk tim Satgas. Tim ini bertugas mendampingi Pengprov dan atlet Cabor. Dengan ukuran dan pelaksanaan yang jelas, maka target meraih prestasi di PON XX Papua, akan bisa terwujud.

"Kami mohon dukungan semua pihak, agar kontingen Kalbar bisa meraih hasil terbaik. PON XX Papua 2020 sangat berat, baik dari sisi transportasi, akomodasi, dan persiapan lainnya. Ini PON terjauh Kalbar sejak pelaksanaanya," pungkas H Fachrudin. (mul)