Panitia Dragon Boat dan Khatulistiwa Run International Uji Coba Venue

Sport

Editor Mul Dibaca : 131

Panitia Dragon Boat dan Khatulistiwa Run International Uji Coba Venue
Uji Coba Rute Khatulistiwa Run oleh Sporta Indonesia.
PONTIANAK, SP - Panitia event olahraga international di Kota Pontianak,  Pontianak International Dragon Boat (PDIB) dan Khatulistiwa Run 2019 terus menjalin sinergi. Hal ini untuk memastikan persiapan dua event ini akan berjalan lancar.  

Selain menggelar Rapat Koordinasi dan Komunikasi dengan berbagai pihak, panitia PIDB dan Khatulistiwa Run 2019, sudah menyelenggarakan uji coba venue yang akan digunakan, yaitu Kawasan Tugu Khatulistiwa Pontianak.  

PDIB dan Khatulistiwa Run adalah event kolaborasi antara Pengprov Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar dan Sporta Indonesia. PDIB akan menggunakan Sungai Kapuas, sementara Khatulistiwa Run rute Taman Alun Kapuas menuju Tugu Khatulitiswa melalui jalur darat.    

Pada Kamis (19/7/2019), mereka menyelenggarakan Rakor dengan Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Lantamal XII Pontianak, Polairud Polda Kalbar, Basarnas, KSOP, dan DISHUB Kota Pontianak, di Kantor Disporapar Kota Pontianak.  

Pertemuan tersebut merupakan bentuk koordinasi dalam rangka menyukseskan dua event international tersebut, yang akan diselenggarakan pada 21-22 September 2019. Kegiatan akan dibuka di Taman Alun-Alun Kapuas. Event ini dirangkai dengan Pesona Titik Kulminasi di Monumen Tugu Khatulistiwa.  

Menurut Ketua Sporta Indonesia, Ongky Lesman, Khatulistiwa Run, yang mengambil rute dengan jarak sekitar 11,2 Km,akan start dari Taman Alun Kapuas, menyusuri Jalan Tanjungpura-Jalan Sultan Hamid-Jalan Khatulistiwa, dan finis di Tugu Khatulistiwa.  

"Persiapan terus dilakukan. Waktunya semakin dekat, kita ingin memastikan semuanya siap. Oleh karenanya, kini terus meningkatkan berkoordinasi dan berkomunikasi dengan berbagai pihak yang turut menyukseskan," kata Ongky Lesmana.  

Selain komunikasi dengan berbagai pihak, panitia juga terus berkoordinasi dengan negara-negara peserta. Ongky menyatakan pada awal Agustus, panitia akan menerima kepastian negara-negara dari luar, sebagai calon peserta. Bahkan, calon peserta sudah ada yang beraudiensi dan survey tempat kegiatan. Melihat berbagai kesiapan panitian, calon peserta ini sangat antusias. Event ini rencananya akan diikuti oleh 10 negara, dari Asia Pasifik.    

"Kami mengundang negara-negara yang ada di Asia dan Pasifik. Khususnya negara yang tergabung dalam ASEAN, untuk ikut dalam kompetisi nanti. Batas akhir pendaftaran pada Agustus 20198," paparnya.     Panitia

sudah survey lokasi. Mulai dari depan Alun-Alun Kapuas hingga ke Dermaga Tugu Khatulistiwa. Event ini akan bersamaan dengan Pesona Titik Kulminasi pada September.    

Event ini, lanjut Ongky tidak sekedar olahraga saja, namun memadukan dengan eventi budaya dan pariwisata, sehingga akan semakin banyak kunjungan ke Kota Pontianak dan Kalbar. Dengan pengemasan yang sangat baik, event akan semakin menarik.    

Menurut Ketua Harian Podsi Kalbar, Abdi Nurkami Mawardi, hingga saat ini sudah 8 negara melakukan registrasi untuk PIDB yaitu, Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Singapura, Taipei, Tiongkok, dan Hongkong. Ia berharap, sebelum akhir pendaftaran pada 15 Agustus 2019, negara lain akan tertarik juga untuk turut mendaftar.   

"Terdapat dua tingkatan pada PIDB, yaitu Lokal dan Internasional. Untuk lokal, kompetisi hanya untuk 22 pendayung putra. Sedangkan pada tingkat Internasional, perlombaan terbagi menjadi 3 kategori, yaitu 12 pendayung putra, 12 pendayung campuran, dan 12 pendayung master untuk umur 40 tahun ke atas,” katanya.  

Abdi mengakui, persiapan sudah semakin meningkat, terutama terkait dengan keamanan peserta dan sarana pra-sarana yang akan digunakan. Untuk itu, ia sangat optimis, event tersebut akan berjalan dengan baik.  

“Mohon dukungan semua pihak. Event ini adalah kolaborasi antara olahraga dan peningkatan kunjungan wisata. Apalgai pesertanya banyak dari negara-negara luar,” pungkas Abdi. (rif/mul)