Minggu, 15 Desember 2019


Tim Pra-PON Cabor Balap Sepeda Kalbar Raih Peringkat 8

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 118
Tim Pra-PON Cabor Balap Sepeda Kalbar Raih Peringkat 8

DAMPINGI ATLET - Ketum KONI Kalbar, H Fachrudin D Siregar mendampingi Pembalap Sepeda Kalbar, Ni’mal Magfiroh saat meraih podium ke-3 di Pra-PON 2019.

PONTIANAK, SP -  Tim Balap Sepeda Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kalbar berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan di Pra-PON 2019. Bertanding di Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020, Gery Maulana dan kawan-kawan finis di posisi 8 besar.  

Pra-PON Cabor Balap Sepeda berlangsung di Kota Lubuk Linggau, Sumatera Selatan (Sumsel), 12-21 Juli 2019. Ada 25 Provinsi di Indonesia yang mengirimkan para pembalap terbaiknya.  

Berkekuatan 11 pembalap dan tampil di nomor road race, yang terdiri dari kelas individual time trial (ITT), Individual Road Racing (IRR), dan Criterium. Sementara di dua nomor, Downhill dan Cross Country, tidak ada pembalap yang tampil.  

Dari 11 atlet yang akan bertanding, 2 di antaranya adalah atlet putri, yaitu Maysita Utami Fadlina dan Ni'mal Magfiroh. Sementara 9 atlet putra antara lain, Bernard Benyamin Van Aert, Muhammad Restu, Andi, Ryan Fahturazi, Dicky Mardiansyah, M David Risky, Geri Maulana Saputra, Ramadhan Yudistira, dan Nur Ikhsan.  

Prestasi terbaik diraih oleh Ni'mal Magfiroh, yang berhasil meraih podium ketiga pada nomor IRR putri. Dengan hasil tersebut, Ni’mal pun dipastikan lolos ke PON XX Papua 2020.
Raihan terbaik juga diraih oleh Bernard Benyamin Van Aert, yang menempati peringkat 5 besar pada nomor IRR putra.

Sementara Nur Iksan di kelas ITT, berhasil masuk 7 besar. Ia bersaing dengan para pembalap nasional, yang sudah punya jam terbang tinggi.  

Secara keseluruhan, hasil sementara dari tiga nomor yang diikuti, Pembalap Kalbar mendapat 93 poin dan ada di posisi 8 besar, dengan jumlah kuota 4 pembalap pada PON 2020 mendatang.  

“Alhamdulillah, hasil akhir sudah keluar. Pembalap Pengprov ISSI Kalbar telah menuntaskan misi lolos ke Pra-PON,” kata Sekum ISSI Kalbar, Sugeng Haryadi.

Berikut daftar 10 besar hasil Pra-PON Cabor Balap Sepeda, Jawa Timur, DIY Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Bali, Kalimantan Barat, Sumatra Barat, dan Sulawesi Tenggara.

Melihat hasil yang diraih oleh pembalap Kalbar pada Pra-PON Balap Sepeda di Kota Lubuk Linggau, Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachrudin D Siregar, sangat mengapresiasi. Menurutnya, hasil tersebut sesuai target yang ada.  

“Dari awal, saya sudah optimis, Pembalap Sepeda Kalbar bisa berjaya di Pra-PON 2019. Ada bebeberapa pembalap yang punya kemampuan bersaing di level nasional,” tuturnya.  

Untuk itu, ia langsung memotivasi para pembalap yang berlaga di kualifikasi PON XX Papua 2020 tersebut. Hasil tersebut, lanjutnya, merupakan perwujudan latihan dan beberapa uji coba di Kejurnas, yang pembalap Kalbar bisa bersaing.  

H Fachrudin, bersama Satgas Cabor Balap Sepeda, Razali Bustam dan Mei Purwowidodo, terbang langsung ke Lubuk Linggau, Sumsel, untuk memastikan kesiapan Tim Pra-PON Pengprov ISSI Kalbar.  

11 Pembalap Sepeda Kalbar pada Pra-PON 2019, didampingi oleh official dan pelatih yang punya track record terbaik. Pada susunan pelatih, ada nama Suwandra dan Kalimanto Tulus Widodo, yang merupakan peraih medali Emas SEA Games.

Tim pelatih sendiri dipimpin oleh Fito Bakdo Prilanji. Kemudian ada Muhammad Hatta, dan Syarif Imran. Sementara tim official terdiri dari Hasim Salim (Asiang), Yanuar, dan mekanik Kamaruzaman . (mul)