Kamis, 19 September 2019


Masyarakat Antusias Sambut Tour d’Indonesia 2019

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 85
Masyarakat Antusias Sambut Tour d’Indonesia 2019

ETAPE 1 - Pembalap Tour d’Indonesia mendapat sambutan dan apresiasi terbaik dari masyarakat. Sepanjang jalur yang dilalui para pembalap, masyarakat antusias menyaksikan jalannya lomba.

PAGELARAN Tour d’Indonesia mendapat sambutan dan apresiasi terbaik dari masyarakat. Sepanjang jalur yang dilalui para pembalap, masyarakat antusias menyaksikan jalannya lomba.  

Menurut Ketua Panpel  Tour d’Indonesia 2019, Parama Nugroho, etape 1 yang digelar Senin (19/8/2019), berjalan aman dan tanpa kendala berarti. Para pembalap bahkan mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang dilewati sepanjang etape pertama tersebut. 
 

Etape 1 Tour d'Indonesia menempuh jarak 178 km. Start dari Candi Borobudur, balapan diakhiri di Ngawi, Jawa Timur. Pembalap Australia yang membela Oliver's Real Food, Angus Lyons, menjadi yang tercepat. Posisi kedua ditempati Ryan Roth dan Mario Vogt.
 

"Terima kasih karena etape 1 Tour d'Indonesia 2019 berjalan tanpa hambatan. Pengamanan juga sangat maksimal sehingga balapan tanpa kendala," kata Nugroho.  

"Saya juga bahagia karena masyarakat banyak yang menanti kami di pinggir jalan. Satu hal lagi, balapan sangat seru karena salip-menyalip dimulai sejak start hingga finis," ujarnya, mengenai pelaksanaan etape 1 Tour d'Indonesia. 
 

Adapun klasemen umum Tour d'Indonesia 2019, 1. Lyons Angus,
2. Ryan Roth, 3. Mario Vogt. Adapun Pembalap tercepat kategori Asia 1. Goh Choen Huat, 2. Muhammad Abdurrohman, 3. Genki Yamamoto. Sementara Pembalap tercepat kategori Indonesia, 1. Muhammad Abdurrohman, 2. Aiman Cahyadi, 3. Selamat Juangga.  

Parama yakin event tahun ini bakal berjalan sukses hingga finis akhir pekan nanti. Ada 18 tim yang turun di Tour d’ Indonesia 2019. Selain itu, ada 90 pembalap dari 22 negara yang akan berlomba termasuk dari negara Eropa seperti Prancis, Yunani, Spanyol, dan Inggris.
 

Berbeda dengan tahun lalu, jumlah etape di Tour d’Indonesia 2019 bertambah satu menjadi lima etape. Start akan dimulai dari Candi Borobudur, yakni 19 Agustus dan berakhir di Pulau Bali tujuh hari kemudian.   "Tadinya ada 40 tim yang akan ikut Tour d'Indonesia. Lalu kami akhirnya harus memilih 20 tim meski ada dua tim yang mundur jelang perlombaan," kata Parama.  

Untuk level Tour d’Indonesia 2019, masih sama seperti tahun lalu yakni UCI 2.1. Tetapi, tahun ini etape bertambah dan rutenya tentu lebih menantang.  

Adapun Rute Tour d’Indonesia 2019 yaitu, Etape 1 Candi Borobudur-Ngawi 178 Km. Etape 2, Madiun-Batu 157,7 Km, Etape 3, Batu-Jember 195,9 Km, Etape 4, Jember-Banyuwangi 150 Km, Etape 5, Gilimanuk-Batur UNESCO Global Geopark 143,6 Km. (mul/oto)