Kamis, 19 September 2019


Tim Basket 3X3 Putri Kalbar Lolos ke PON XX

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 92
Tim Basket 3X3 Putri Kalbar Lolos ke PON XX

TIM Baskes 3X3 Putri Kalbar, memastikan diri lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020.

TIM Baskes 3X3 Putri Kalbar, memastikan diri lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2020. Keberhasilan lolos ke perhelatan pesta olahraga terbesar di Indonesia ini didapat usai mendapatkan hasil terbaik saat Pra-PON.  

Usai memastikan diri menjadi juara grup C pada babak kualifikasi Pra-PON di Jakarta, 17-19 Agustus 2019, Tim Basket 3X3 Putri Kalbar, kembali meraih kemenangan pada babak penentuan. Melawan Tim Jatim, Nadia Calista dan kawan-kawan berhasil menang dengan skor tipis, 20 vs 19.  

“Saat babak overtime yang menegangkan, semangat Tim Putri KalBar sangat luar biasa. Mereka membuktikan bisa lolos ke PON XX Papua,” kata manager Tim Basket 3X3 Putri Kalbar, Eddy Janto.
 

Eddy mengucapkan terima kasih atas semua doa dan dukungan masyarakat Kalbar, Pengprov Perbasi Kalbar, KONI Kalbar, dan insan Bola Basket Kalbar secara umum.  

“Kita tentunya sangat bangga. Kita bersyukur, dan akan terus meningkatkan prestasi, terutama dalam merealisasikan target meraih hasil terbaik di PON mendatang,” paparnya.  

Perjuangan Tim Basket 3X3 Putri Kalbar, yang diperkuat Nadia Calista, Siska Chia, Julia Tjhin, dan Sally Angelina. Mereka berjuang dengan semangat tertinggi, untuk membuktikan kemampuan terbaiknya.  

Pada pertandingan babak sebelumnya, Eddy menyatakan, dengan status juara grup, maka Kalbar masih menyisakan dua pertandingan. Sekali saja berhasil menang maka tim Kalbar berpeluang lolos PON 2020.  

Sayangnya, pada Cabor Basket, keberhasilan Tim Putri, tidak diikuti oleh Tim Putra. Hal ini karena, Tim Bola Basket 3X3 Putra Kalbar, harus menerima kenyataan kalah pada babak penyisihan. Setelah berhadapan dengan Tim Sumatera Utara, dengan skor akhir 7-15, untuk kemenangan Tim Sumatera Utara.  

Babak Kualifikasi Basket 3x3 di PON XX (Pra PON) 2020, berlangsung pada Sabtu-Minggu, 17-18 Agustus 2019. Terdapat 12 tim putra dan putri yang telah lolos syarat administrasi dan akun 3x3, sehingga dapat mengikuti babak kualifikasi dan untuk memperebutkan tiket ke PON di Papua untuk tahun 2020.

Hanya terdapat masing-masing 7 slot tiket putra dan putri untuk lolos ke PON 2020 dari babak kualifikasi ini. Namun, tim Papua mendapat tempat ke-8 karena menjadi tuan rumah. Pertandingan yang diikuti pemain-pemain terbaik di angkatan tertua 1997. Beberapa dari mereka sudah sering mengikuti event 3x3, beberapa dari mereka pun adalah pemain profesional dan mahasiswa.

Pertandingan akan dimulai sejak pukul 14.00 WIB di Lapangan Basket Kemenpora, Senayan, Jakarta. Masing-masing tim provinsi mendapat jatah latihan untuk mempersiapkan dan menyesuaikan diri di lapangan ABC Senayan, Jakarta, sebelum bertarung di basket 3x3 Kualifikasi PON XX 2020

Meski sedang mematangkan skuat, Perbasi mengatakan tak akan menggunakan pemain-pemain jebolan PON untuk menjaring pemain muda. Para pemain PON berusia maksimal 23 tahun.

Adapun Tim Putra diperkuat oleh Stelinko Gillian, dari Kubu Raya, Rico, dari Pontianak, Kenny Buffon dari Pontianak, dan Enrico Theo Marco dari Pontianak, dengan Pelatih, Felix Riadi Tan.
Sementara Tim Putri diisi oleh Siska dari Singkawang, Sally dari Pontianak, Julia dari Singkawang, dan Nadia dari Pontianak, dengan pelatih Ade. (mul)