Kamis, 19 September 2019


Disporapar Kalbar siap Gelar Fun Bike Tour de Malindo

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 104
Disporapar Kalbar siap Gelar Fun Bike Tour de Malindo

LAUNCHING – Launching Fun Bike Tour de Malindo Kalbar Tahun 2019, beberapa waktu lalu. Event balap sepeda santai dibalut pariwisata ini, akan berlangsung pada 23-26 Agustus 2019.

PONTIANAK, SP - Perhelatan Fun Bike Tour de Malindo Kalbar Tahun 2019, segera dilaksanakan. Event balap sepeda santai dibalut pariwisata ini, akan berlangsung pada 23-26 Agustus 2019.

Adapun rute yang akan dilalui adalah dari Lundu, Sarawak, Malaysia menuju Sambas dan Singkawang, Kalbar, Indonesia. Event ini terselenggara atas kerja sama Pemprov Kalbar dalam hal ini, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dsiporapar) Provinsi Kalbar, Pemkot Singkawang, Pemkab Sambas, dan Kemendagri, Kemenpar, serta Kemenpora Republik Indonesia, melalui kerja sama Sosek Malindo.

Kemudian
Fun Bike Tour de Malindo Kalbar Tahun 2019, didukung oleh
BKKBN Kalbar, Bank Kalbar, Gowes For Fun, dan Endurace Trek.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadis Porapar) Provinsi Kalbar, Dra Natalia Karyawati, ME, menyatakan, persiapan sudah paripurna. Kini tinggal pelaksanaan saja.  

“Semua pihak sudah berkoordinasi. Persiapan sudah bagus, kita tinggal menunggu pelaksanaan saja,” kata Natalia.  

Fun Bike Tour de Malindo
Kalbar Tahun 2019, merupakan salah satu  hasil dari persidangan ke-15 Kelompok Kerja (KK)/Ketua Kelompok Kerja (JKK) Sekretariat Bersama Sosial Ekonomi Malayisa-Indonesia (Sekber Sosek Malindo) RI-Malaysia Tahun 2019. Kegiatan yang berlangsung di Comforta Hotel Tanjung Pinang.
 

Saat itu, turut hadir sebagai delegasi Kalbar yang dipimpin oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda Kalbar, Yohanes Budiman dan Kabag Kerjasama dan Pengelolaan Perbatasan, Raminuddin, serta Kadis dan Sekdis Porapar Kalbar.   

"Kegiatan ini jadi ajang promosi dan pengembangan pariwisata serta budaya. Dalam hal ini, kita turut menyukseskannya," paparnya.  

Pelaksana pusat adalah Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri bersama Pemprov Kalbar. Kegiatan bersepeda santai ini akan melintasi dua negara, Indonesia-Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, di Sambas.  

"Tentunya kegiatan ini akan memperat kerja sama dua negara. Pemprov Kalbar, sebagai pelaksana lapangan, karena kita langsung berbatasan dengan Kuching, Malaysia," tutur Natalia.  

Kerjasama Sosek Malindo, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan masing-masing negara, khususnya di bidang sosial dan ekonomi. Terutama terkait dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di perbatasan.         

Diharapkan kerja sama dalam lingkup Sosial Budaya dan Ekonomi Perdagangan serta pembangunan perbatasan yang dilakukan oleh Indonesia-Malaysia, dapat disepakati kedua belah pihak, sehingga tercipta keselarasan di kawasan perbatasan negara yang dibangun oleh masing-masing negara.         

Salah satu tuan rumah, Pemkot Singkawang menyatakan siap menyambut kedatangan peserta Fun Bike Tour de Malindo Kalbar 2019, yang dijadwalkan akan tiba di Kota Singkawang, pada Minggu (25/8).
 

Kadisporapar Kota Singkawang, Bujang Sukrie, menyatakan kedatangan peserta sepeda dari Mancanegara ini juga akan disambut dengan pengalungan medali oleh Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. Kemudian malamnya akan digelar Gala Dinner Fun Bike Tour de Malindo di Rumah Dinas Wali Kota Singkawang.  

“Kemenpar telah menyiapkan 120 kamar untuk tamu dari dalam dan luar negeri di Hotel Swiss Belinn Singkawang. Adapula sajian dangdut dari Iva Lola, yang untuk ditampilkan pada penutupan Singkawang Expo di Stadion Kridasana," ungkapnya. (mul)