Kamis, 19 September 2019


Ketum KONI Kalbar Sambut GSI Tingkat SMP

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 119
Ketum KONI Kalbar Sambut GSI Tingkat  SMP

BERTANDING - Dua Tim Pelajar SMP bertanding pada Gala Siswa Indonesia (GSI). Kejuaraan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kapasitas pesepakbola di kalangan pelajar.

KETUM Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalbar, H Fachrudin D Siregar, mengapresiasi digelarnya Sepakbola Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat SMP Provinsi Kalbar Tahun 2019. Pembukaan Sepakbola GSI sendiri berlangsung semarak di Stadion Sepakbola Sultan Syarif Abdurrahman (SSA), Selasa (20/8/2019).  

Kejuaraan yang diikuti oleh perwakilan tim dari tujuh Kabupapte/Kota di Kalbar ini, akan berlangsung hingga Sabtu (24/8/2019). Adapun tujuh Kabupaten yang berpartiispasi pada Sepakbola GSI adalah Kabupaten Landak, Bengkayang, Ketapang, Sambas, Kapuas Hulu, Sintang, dan Kubu Raya.  

“Tentunya sangat bagus, apalagi ini jenjang usia muda, usia SMP. Jadi bisa menjaring bibit muda Cabor ini,” kata H Fachrudin.  

Sebagai salah satu Cabor terpopuler di dunia, Sepakbola memang digemari berbagai kalangan. Di Kalbar sendiri, pembinaan dan peningkatan prestasi Sepakbola terus dilakukan. Walau, hingga kini Sepakbola Kalbar masih tertinggal dari daerah lain.  

“Cabor Sepakbola tetap kita perhatikan, terutama Sepakbola Wanita yang sudah memastikan diri lolos ke PON. Pembinaannya tentu tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, kita bekerja sama dengan berbagai pihak,” tuturnya.  

Untuk Sepakbola GSI 2019 tingkat Kalbar, H Fachrudin berharap ada peningkatan dan perbaikan pelaksanaanya. Sehingga, pada tahun-tahun mendatang bisa semakin semarak.  

“Harus gencar sosialisasi. Diharapkan semua Kabupaten/Kota bisa mengirimkan tim, karena banyak bakat-bakat terbaik di pelosok Kalbar,” ujarnya.  

Ketua Panitia Sepakbola GSI Kalbar, Iwan Kurniawan, mengakui belum maksimal dalam mendatangkan peserta. Ia menjelaskan, hingga waktu pelaksanaan tiba, hanya tujuh Kabupaten yang siap mengirimkan timnya.  

“Memang belum populer, bahkan Kota Pontianak sendiri tidak mendaftarkan pesertanya. Namun, kita tetap memberikan pelayanan terbaik bagi peserta,”  

Iwan berharap, pada tahun-tahun selanjutnya, seluruh Kabupaten/Kota di Kalbar, bisa berpartisipasi. GSI sendiri, lanjutnya adalah ajang pembibitan pesepakbola muda tingkat pelajar SLTP di Kalbar.  

Karena menurutnya event bergengsi ini sangat baik bagi pengembangan nilai pendidikan karakter bagi siswa sehingga tidak hanya berprestasi, siswa juga belajar untuk berkerjasama, tanggung jawab, kejujuran dan kerja keras.  

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Presiden tentang penguatan pendidikan karakter. Pendidikan kan tidak hanya dari pelaksanaannya di kelas, tetapi juga berupa kegiatan ekstrakurikuler,” lanjutnya.  

Contohnya kegiatan olahraga, dan diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai karakter seperti disiplin, kerjasama, saling menghargai, jujur. Tujuannya tidak hanya prestasi yang di kejar tetapi juga nilai-nilai karakter itu sendiri.  

Iwan juga menjelaskan bahwa nantinya tim yang menjadi pemenang dalam pertandingan tersebut akan mewakili Provinsi Kalbar ke tingkat nasional. Tidak hanya itu, dijelaskan pula nantinya ditingkat nasional juga akan dipilih pemain terbaik untuk mengikuti kontrak pelatihan yang merupakan kerjasama antara Indonesia dengan negara lain.  

Sepakbola GSI Tingkat Provinsi Kalbar 2019, dibagi dalam dua Grup. Grup A dihuni Tim Kabupaten Ketapang, Landak, Kubu Raya, dan Bengkayang. Sementara Grup B ada Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, dan Sambas.  

Event
ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah Disdikbud Kalbar. Juara Sepakbola GSI Tingkat Provinsi Kalbar, akan dikirim untuk bersaing di tingkat nasional, yang akan dibertanding pada 7-20 Oktober 2019, di Jakarta. Tim Kalbar nantinya akan bergabung di Grup E, bersama Provinsi Jawa Barat, Bangka Belitung, dan Maluku. (mul)