Minggu, 08 Desember 2019


Atlet Pelajar Kalbar Ikuti Pemusatan Latihan Menuju POPNAS 2019

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 156
Atlet Pelajar Kalbar Ikuti Pemusatan Latihan Menuju POPNAS 2019

Atlet Pelajar Kalbar Ikuti Pemusatan Latihan Menuju POPNAS 2019

MENJELANG pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019, atlet-atlet pelajar Kalbar yang tergabung dalam tim POPNAS, terus memnpersiapkan diri. Usai berlatih secara mandiri bersama Cabor masing-masing, kini mereka pun mulai memasuki pemusatan latihan.

Pemusatan Latihan Kontingen POPNAS Kalbar diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar. Pembukaan pemusatan latihan dipimpin oleh Kepala Bidang Olahraga Disporapar Provinsi Kalbar, Ganda Yulianto Butar Butar, Jumat (8/11), di Aula Bhinneka Tunggal Ika BPSDM Provinsi Kalbar, Jalan Johan Idrus Pontianak.

Dalam arahannya, Ganda menyampaikan bahwa pemusatan latihan bertujuan untuk meningkatkan persiapan atlet-atlet POPNAS. Pemusatan latihan tersebut diikuti oleh atlet dari 10 Cabor yang akan tampil di POPNAS.

“Mulai atlet, pelatih, dan extra official. Pemusatan latihan dilaksanakan di Kota Pontianak, 8-20 November 2019, dengan jadwal setiap Cabor yang berbeda-beda,” kata Ganda.

Menurut Ganda, dengan adanya pemusatan latihan, maka akan meningkatkan kebersamaan seluruh kontingen. Ganda berharap, atlet, pelatih, dan tim offisial, bisa memanfaatkan pemusatan latihan dengan baik, agar saat tampil di Popnas, bisa maksimal.

“Target Kontingen POPNAS Kalbar adalah meraih prestasi terbaik. Maka, seluruh tim harus memanfaatkan pemusatan latihan ini. Mari bersama-sama kita persiapankan yang terbaik,” tuturnya.

POPNAS XV 2019 akan berlangsungt di Jakarta, 16-25 November 2019 dan mempertandinggkan 13 dari 20 Cabor yang direncanakan. Event ini digelar oleh Kemenpora. Adapun 13 Cabor tersebut yakni Atletik, Angkat Besi, Bulutangkis, Bola Voli Pasir, Dayung, Judo, Karate, Panahan, Pencak Silat, Renang, Sepak Takraw, Taekwondo, dan Tarung Derajat.

Dari 13 Cabor tersebut, ada beberapa yang digelar di luar Jakarta, yaitu 11 Cabor di Jakarta dan sisanya di luar Jakarta, seperti Taekwondo di bantu Disporapar Jabar, Dayung dan Tarung derajat di bantu PB. Taekwondo di Cibinong, Dayung di Cipule di Karawang, dan Tarung Derajat di Bandung. Khusus untuk Tarung Derajat pelaksanaannya akan berlangsung pada 14-19 November 2019.

Persiapan POPNAS adalah salah satu cara Disporapar Kalbar, dalam meningkatkan kapasitas atlet Cabor dalam berprestasi. Selain pemusatan latihan atlet POPNAS, Disporapar telah juga menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Kualitas Tenaga Keolahragaan Provinsi Kalbar 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 5-8 November 2019, di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalbar, Jalan Johan Idrus Pontianak. Ada 57 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Mereka terdiri dari unsur para pengurus organisasi keolahragaan Kalbar, guru olahraga di SMA/SMK/SLB di Kota Pontianak, serta para komunitas olahraga di Kota Pontianak Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Natalia Karyawati, yang didampingi Kabid Olahraga Disporapar Provinsi Kalbar dan Perwakilan Pengurus KONI Kalbar. (mul)