Ruas Jalan Penghubung antara Desa Peniti dan Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir Rusak.

Regional

Editor sutan Dibaca : 1354

Ruas Jalan Penghubung antara Desa Peniti dan Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir Rusak.
RUSAK - Seorang pengendara motor sedang melintasi jalan di Dusun Semaong, Desa Peniti Kecamatan Sekadau Hilir, warga mengeluh karena jalan ini rusak berat. SUARA PEMRED / AKHMAL SETIADI MUSRAN

SEKADAU
, SP - Kondisi kerusakan infrastruktur jalan terus dikeluhkan oleh warga, terutama pada jalur menuju Dusun Semaong, Desa Peniti, Kecamatan Sekadau Hilir.

Di musim penghujan, pelintas kian kesulitan menapaki jalan lantaran jalan tanah merah itu becek parah.
Akibatnya, tak sedikit mereka pengguna sepeda motor harus celaka.

Terlebih ketika malam hari, kondisi kawasan itu semakin mengkhawatirkan karena minim penerangan jalan umum. “Ini akses bagi warga sebagai penghubung ke Desa Ensalang. Kami berharap ada perbaikan untuk kelancaran perekonomian di sini. Apa lagi sudah dua tahun tidak kunjung di aspal,” ungkap Kadir, satu di antara tokoh masyarakat, Senin (14/3).

Kadir mengatakan, jalan tersebut juga rawan karena berkontur tanjakan dan turunan. “Sangat berharap perbaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan setempat, Hery Handoko mengatakan masih banyak jalan desa yang menggunakan tanah. “Tak hanya karena hujan. Tapi kalau banyak kendaraan berat yang melintas juga menjadi faktor jalan tanah jadi rusak,” katanya.

Selain itu, faktor lain penyebab jalan menjadi cepat rusak karena banyaknya pohon yang rindang di sekitarnya. Sehingga mengakibatkan kondisinya lama kering jika diguyur hujan. Pada tahun ini, belum direncanakan perbaikannya.

“Semua dilakukan secara bertahap. Jadi untuk tahun ini pembangunan jalan akan dilakukan pada jalan yang menuju Dusun Sungai Putat, Desa Sungai Ringin,” tandasnya. (akh/and)