Air Keruh, Ini Penjelasan PDAM Tirta Kapuas

Kapuas Hulu

Editor sutan Dibaca : 843

Air Keruh, Ini Penjelasan PDAM Tirta Kapuas
PERBAIKI FILTER – Petugas PDAM Tirta Kapuas, saat membersihkan filter air yang rusak. (SP/Saipul)
PUTUSSIBAU, SP- Direktur PDAM Tirta Kapuas, Saini Hadi mengatakan, keruhnya air yang disuplai kepada pelanggan selama ini, dikarenakan ada kerusakan pada filter jaringan instalasi air bersih, sehingga air yang berasal dari sumber tidak bisa dikelola.

Menurut Saini, dari enam filter yang ada, empat di antaranya rusak. Namun, ia bisa memastikan bahwa kondisi jaringan air bersih, akan normal pada Senin (5/12).

"Filter rusak, dampaknya air yang disuplai ke rumah warga keruh. Kondisi ini sudah dua minggu. Saya berharap, warga bisa bersabar, karena kami terus usahakan perbaikannya," kata Saini.

Saat ini, lanjut Saini, kualitas hasil saringan air PDAM memang tergantung pada ketebalan pasir yang digunakan. PDAM Tirta Kapuas Hulu, menggunakan pasir jenis Silica, yang didatangkan dari Pulau Bangka. 

“Pasir Silica ini lima tahun sekali harus diganti, dan sudah kita lakukan. Dan kita sudah berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik," paparnya.

Saini menyampaikan, untuk pasir lokal belum bisa dimanfaatkan pada filterisasi air, karena pasir lokal tidak bisa menyaring sedimen tanah. Dan di Kalbar maupun Kapuas Hulu, belum ada Pasir Silica yang bisa digunakan untuk menyaring sendimen tanah tersebut.

"Saat ini, untuk satu filter, membutuhkan Pasir Silica sekitar 1,75 meter kubik. Pasir yang kita gunakan saat ini, memang sudah berkurang, karena filternya jebol. Untuk ke depannya, kita akan kita tambah," pungkas Saini. (sap/mul)