Wabup Kapuas Hulu: Saya Bertugas Membantu Bupati Melakukan Pengawasan

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 476

Wabup Kapuas Hulu: Saya Bertugas Membantu Bupati Melakukan Pengawasan
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero. (ist)
PUTUSSIBAU, SP - Wakil Bupati Kapuas Hulu Antonius L Ain Pamero menjelaskan, pembagian tugas antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekda, sesuai dengan ketentuan Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Sesuai undang- undang, bupati harus banyak turun ke bawah atau naik ke atas. Ketika posisi turun ke bawah, maka dia lebih banyak melihat kondisi yang terjadi di masyarakat, namun jika saat posisi naik ke atas artinya melakukan konsultasi.

"Jadi jangan heran jika bupati sering tidak berada di tempat. Kalau bupati lebih dari 20 persen berada di tempat, itu berarti bupati bekerja di belakang meja,"jelasnya, kemarin.

Sementara Wakil Bupati, harus menjalankan peran terbalik dari bupati, yakni 80 persen berada di tempat dan 20 persen saja menggantikan tugas bupati, apabila sedang tidak berada di tempat.

"Jadi tugas saya sebagai wakil bupati lebih banyak menilai kinerja Pemda dan melakukan fungsi pengawasan, membantu bupati," katanya

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda),  kewenangannya adalah mengurus urusan rumah tangga kepegawaian di lingkungan Pemkab. (sap)