Cabai, Potensi Pertanian di Desa Rantau Kalis

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 381

Cabai, Potensi Pertanian di Desa Rantau Kalis
PANTAU - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Fabianus Kasim saat memantau lahan pertanian di Desa Rantau Kalis. (SP/Syapari)
PUTUSSIBAU, SP - Desa Rantau Kalis, Kecamatan Kalis, Kabupaten Kapuas Hulu, memiliki potensi di bidang pertanian, terutama cabai. Potensi tersebut akan dikembangkan oleh masyarakat setempat agar mampu menyejahterakan mereka.

Kades Desa Rantau Kalis, Sunan Pujiadi mengatakan, dirinya telah memberikan contoh kepada masyarakat agar termotivasi menjadi petani cabai.

"Harga jual cabai tergantung ketersediaan di pasaran, jika banjir harganya Rp25 ribu dan jika langka Rp30 ribu," terangnya.

Luas tanam kebun cabai miliknya seluas satu hektare, dengan jumlah lima ribu batang cabai. Untuk satu kali panen dia mendapatkan hasil sebanyak 30 kilogram.

"Dalam seminggu bisa sampai empat kali panen, untuk penghasilan saya Rp6 juta/bulan,” katanya.

Sebagai upaya untuk menyejahterakan masyarakatnya, dia akan mengajak masyarakat untuk membentuk kelompok tani. Nantinya kelompok-kelompok tersebut untuk modal awalnya akan diberikan bantuan dari dana yang ada di desa saat ini.

"Selanjutnya nanti kami akan mendirikan Bumdes, di mana nanti cabai akan dijual sudah dalam bentuk olahan dan bumbu, kemudian baru  kami salurkan ke beberapa kabupaten luar Kapuas Hulu," ungkapnya.

Anggota DPRD Kapuas Hulu Fabianus Kasim mengatakan, desa harus menggali dan mengembang potensi yang ada, mengingat saat ini pemerintah telah mengucurkan dana ke desa dalam jumlah yang banyak.

Kasim mengatakan, potensi cabai tersebut bila dikembangkan dan dikelola dengan baik, akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di sekitar desa tersebut. (sap)