Stephanus: Sebagian Kades dan Camat di Kapuas Hulu Mengeluhkan Usulan di Musrenbang Tak Terealisasi

Kapuas Hulu

Editor K Balasa Dibaca : 847

Stephanus: Sebagian Kades dan Camat di Kapuas Hulu Mengeluhkan Usulan di Musrenbang Tak Terealisasi
Daftar alokasi APBD 2018.
PUTUSSIBAU, SP - Sejumlah kepala desa dan camat di Kabupaten Kapuas Hulu mengeluhkan usulan melalui Musrenbang tidak pernah direalisasikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Kondisi tersebut telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kapuas Hulu Stephanus Mulyadi menjelaskan tujuan Musrenbang membangun dari bawah ke atas mulai dari tingkat desa, kecamatan kabupaten sampai Pusat.

"Kenyataan saat ini di Bumi Uncak Kapuas pembangunan dimulai dari atas tidak dari bawah lagi, ini jelas tidak sejalan dengan program Presiden RI," katanya, Jumat (23/2).

Diterangkannya, saat ini sebagian kepala desa dan camat mengeluh, bahkan mereka mengatakan tidak mau mengikuti Musrenbag lagi karena terkesan hanya formalitas saja.

"Tidak hanya kades dan camat, Bappeda Kapuas Hulu juga mengeluhkan hal tersebut," terangnya.

Dia menuding, saat ini antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Desa dan DPRD sudah tidak ada sinergisitas lagi, semua berjalan sendiri-sendiri. Akibatnya, pembangunan yang dibutuhkan desa tidak terwujud sehingga terkesan pemborosan anggaran dan tidak tepat sasaran.

"DPRD harus mengawasi terkait maslah Musrenbang ini, sementara di sisi lain DPRD juga punya kepentingan di aspirasinya," jelasnya.

Dijelaskannya, Mekanisme Musrenbang, sebelum dilakukan Musrenbang Desa, terlebih dahulu usulan dari Dusun/RT/RW telah dihimpun.

Setiap desa berhak untuk mengusulkan lima program prioritas. Namun sayangnya kenyataan saat ini bahkan ada desa yang tidak mendapatkan realisasi usulan itu sama sekali.

"Sementara di sisi lain ada keluruahan yang anggarannya pembangunannya menumpuk bahkan sampai belasan miliar, sebagai contoh Kelurahan Kedamin Hilir," jelasnya. (sap)