Ikan Arwana Silver Turun Harga, Pembudidaya Mengeluh

Kapuas Hulu

Editor Indra W Dibaca : 544

Ikan Arwana Silver Turun Harga, Pembudidaya Mengeluh
Pembudidaya Ikan Arwana memberi makan ikan. (SP/Sap)
PUTUSSIBAU,SP- Harga anakan ikan hias jenis Arwana Silver (Brazil) mengalami penurunan harga. Kondisi ini dikeluhkan sejumlah pembudidaya, mereka berharap Pemda bisa membantu menstabilkan harga.

Akbar, pembudidaya ikan di Kecamatan Suhaid menjelaskan, saat ini harga anakan Ikan Brazil Rp7 ribu per ekor, sementara dua bulan sebelumnya harga jual Rp13 ribu per ekor.

"Sudah dua bulan ini harga anakan Ikan Brazil turun, hal ini dikarenakan jumlah produksinya di wilayah lain terbilang banyak," katanya, Rabu (20/6).

Ditambahkannya, di bulan-bulan sebelumnya harga anakan ikan ini pernah mencapai harga tertinggi yakni Rp25 ribu per ekor.

"Biasanya anakan ikan itu dijual kembali oleh pengepul ke Pontianak, Jakarta bahkan sampai keluar negeri," jelasnya.

Pembudidaya Ikan hias Kecamatan Bunut Hilir, Paridawati menjelaskan, Ikan Arwana Brazil terdiri dari tiga jenis yakni Albino, Platinum dan Silver. Untuk harga anakan Albino Rp5 juta per ekor, Platinum Rp1,7 juta dan Silver Rp7 ribu per ekor.

"Saat ini yang banyak diternak ikan arwana silver, untuk itu kami meminta Pemda dapat menyetabilkan harga jualnya untuk menyejahterakan para pembudidaya," harapnya.

Ditambahkannya, untuk harga anakan Arwana Red saat ini justru mengalami kenaikan dari Rp2,4 naik menjadi Rp2,8 juta per ekornya. Sementara untuk harga telur ikannya dari Rp800 ribu naik menjadi Rp1,3 juta. (sap)