Warga Perbatasan Minta TPS di Wilayah Malaysia

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 295

Warga Perbatasan Minta TPS di Wilayah Malaysia
TPS di daerah perbatasan RI-Malaysia
Putussibau, SP –  Camat Puring Kencana, Herkulanus Albinus meminta pemerintah menyiapkan tempat pemilihan suara di perbatasan Indonesia-Malaysia. Lokasi kerja mereka jauh dari Kantor Kedutaan RI, dimana biasanya TPS di luar negeri ditempatkan.  

Menurut Herkulanus, banyak warganya yang bekerja di wilayah Malaysia dan mungkin tidak dapat pulang ke Indonesia saat pemilihan suara. Dia meminta pemerintah menyediakan TPS di wilayah negara Malaysia.      

“Jumlah warga saya yang kerja di luar negeri cukup banyak. Kerja mereka beraneka ragam ada yang menjadi nelayan, kerja di perkebunan, tukang,” kata Herkulanus Albinus, Minggu (30/9).  

Menurut Herkulanus, warga Kecamatan Puring Kencana siap melaksanakan pemilu 2019. Petugas pemilihan tingkat kecamatan hingga desa sudah terbentuk. “Puring Kencana tetap akan mengikuti pelaksanaan Pemilu 2019. Saat ini panitanya sudah terbentuk.”  

Potensi terjadinya politik uang di Puring Kencana kecil. Tapi Herkulanus mewaspadai  munculnya golput dari warga yang kecewa karena wilayahnya belum dialiri listrik.  

Herkulanus meminta pemerintah merealisasikan janji pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di daerah yang belum terjangkau jaringan listrik PLN. “Listrik itu sangat dibutuhkan masyarakat.  Dari 6 desa di Kecamatan Puring Kencana, 3 desa masih belum teraliri listrik,” ujar Herkulanus.  

Selama pemilihan kepala daerah serempak di Kalimantan Barat  Juni lalu, diduga 3  TPS di Kabupaten Kapuas Hulu yang seluruh warganya golput. Mereka ada di TPS 03, Dusun Piyam, Desa Titin Peninjau, Kecamatan Empanang serta TPS 01 dan 02 Desa Semuntik, Kecamatan Badau. (sap)