Belum Ada Listrik, Bupati Kapuas Hulu Lapor Menko Perekonomian

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 217

Belum Ada Listrik, Bupati Kapuas Hulu Lapor Menko Perekonomian
Bupati Kapuas Hulu tele conference dengan Menko Perekonomian
Putussibau, SP- Bupati Kapuas Hulu, Abang Muhammad Nasir melapor ke Menteri Perekonomian Darmin Nasution bahwa 80 desa di Kapuas Hulu belum teraliri listrik negara.  

Hal tersebut disampaikan Nasir saat melakukan video conference dengan Darmin Nasution terkait sistem ketenagalistrikan dari rumah Betang Baligundi, Kecamatan Putussibau Utara, Selasa (3/9).  

Kegiatan tersebut difasilitasi PLN Rayon Putussibau, sekaligus kegiatan sosialisasi tentang ketenagalistrikan kepada masyarakat dan penyaluran CSR untuk bidang pendidikan dari PLN ke SDN 09 Sibau Hulu.  

“Dari 278 desa di Kapuas Hulu, 80 diantaranya belum berlistrik. Sementara sesuai kewenangannya, Pemda Kapuas Hulu telah berupaya agar setiap desa bisa dibangun jaringan listrik, baik memanfaatkan potensi alam, maupun mengkoordinasikannya ke pemerintah pusat,” kata Abang Muhammad Nasir.  

Bupati mengaku sudah berkali-kali mengadakan rapat di Jakarta dengan para pimpinan PLN.  “Upaya kami Pemda di Kapuas hulu sudah maksimal. Daerah yang punya potensi seperti Hulu Kapuas kita bangun PLTMH (listrik mikro hidro). Yang tidak ada potensi air kita upayakan PLTS (tenaga surya), bahkan dulu daerah yang dekat PLN kami upayakan pembiayaan menggunakan APBD,” paparnya.  

Nasir mendukung program pembangunan ketenagalistrikan di daerah untuk mempermudah aktivitas masyarakat. “Kami berupaya semaksimal mungkin, namun butuh proses. Sekarang ada komitmen pemerintah, bahwa tahun 2019 semua desa sudah berlistrik,” terangnya.  

Manager Unit Layanan Pelanggan PLN Putussibau, Danu Rediansyah mengatakan video conference (vicon) tentang sistem ketenagalistrikan ini dalam rangka IBD Expo di Surabaya.

Melalui video conference pihaknya ingin fokus membangun jaringan di beberapa desa di Kapuas Hulu yang belum dapat akses jaringan listrik PLN. “Kondisi di Kapuas Hulu masih banyak desa yang belum teraliri listrik juga kami sampaikan ke Pusat,” terangnya. (sap/hms).