Promosi Ekowisata Danau Sentarum, Bersepeda di Jantung Borneo

Kapuas Hulu

Editor Angga Haksoro Dibaca : 187

Promosi Ekowisata Danau Sentarum, Bersepeda di Jantung Borneo
Putussibau, SP- Kegiatan Bersepeda di Jantung Borneo II resmi dibuka hari ini. Selama 2 hari, peserta diajak bersepeda melintasi perbukitan lintas negara Indonesia-Malaysia.  

Bersepeda di Jantung Borneo ini merupakan rangkaian acara Festival Danau Sentarum 2018. Peserta akan disuguhi penjelajahan eksotisme hutan Borneo yang dikenal sebagai salah satu hutan hujan tertua di planet ini.  

Rute bersepeda dimulai dari Sri Aman, Sarawak, Malaysia dan akan berakhir di Lanjak, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kegiatan ini menempuh jarak total 141.69 kilometer.   

“Saya mengapresiasi panitia yang sudah bekerja keras mengatur acara ini. Saya berharap ‘Bersepeda di Jantung Borneo II’ dapat mempromosikan kekayaan alam di Sri Aman dan menampilkan aktivitas ekonomi lokal disini,” ujar Indit Bangai, Pejabat Residen Bahagian Sri Aman, Malaysia, Selasa (22/10).  

Peserta akan menikmati pemandangan alam dan melintasi jalur lintas batas Lubok Antu, Sarawak, Malaysia hingga Pos Lintas Batas Badau, Kalimantan Barat, yang baru direnovasi.  

Kemudian peserta diajak berkeliling Taman Nasional Danau Sentarum naik perahu Bandong untuk melihat rangkaian acara Festival Danau Sentarum.  

Program yang diinisiasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI ini memastikan penyelenggaraan acara minim potensi sampah, mengurangi macet, dan memastikan adanya sirkular ekonomi bagi masyarakat lokal.  

Bupati Kapuas Hulu, Abang M Nasir dalam peresmian acara ini menuturkan bahwa “Indonesia berada di urutan ke 2 di dunia dalam produksi sampah plastik. Kami yakin dengan mulai bertindak dan berperilaku dengan benar, kami dapat mengatasi masalah sampah plastik,” kata Bupati.  

Kegiatan ini diikuti lebih dari 120 peserta Malaysia dan Indonesia. Jumlah peserta meningkat sekitar 30 persen dibandingkan tahun lalu. Festival Danau Sentarum akan diadakan 25-28 Oktober 2018. (hms)