Ruas Jalan di Desa Simpang Tiga, Sukadana, KKU, Kalbar Rusak Parah

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 1912

Ruas Jalan di Desa Simpang Tiga, Sukadana, KKU, Kalbar Rusak Parah
RUSAK- Jembatan Pulau Kumbang yang terletak di Desa Pulau Kumbang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, hingga saat ini masih belum selesai pembangunannya. Akibat kerusakan tersebut, membuat infrastruktur yang berstatus provinsi itu, kerap ter
SUKADANA, SP – Sejumlah ruas jalan di Dusun Semanai, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara  (KKU), rusak parah. Lokasi tepatnya di wilayah Siduk. Kerusakan itu dikhawatirkan dapat membahayakan para pengendara.

Pantauan Suara Pemred, di sepanjang ruas jalan menuju kota kabupaten tersebut, terdapat sejumlah lubang yang menganga. Tidak sedikit pengendara roda dua dan empat harus berhati-hati ketika melintasi jalan yang berstatus provinsi itu.


Sebelumnya, Jumat (29/1) siang, seorang pengendara bernama Bitong (65) menjadi korban. Bitong  terjatuh setelah bersenggolan dengan sepeda motor yang dikendarai seorang pelajar secara ugal-ugalan, tepat di ruas jalan berlubang itu. 

Akibatnya, Bitong mengalami cedera yang cukup serius di bagian kepala  sehingga terpaksa dilarikan ke Puskesmas Siduk.
 

Melihat kondisi itu, Kepala Desa Simpang Tiga, Rajali berharap agar Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat segera memperbaiki ruas jalan yang berlubang tersebut. Karena, menurutnya,  ini sudah sangat membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

“Kita harap secepatnya pemerintah memperbaiki jalan tersebut. Kasihan sudah sering jatuh korban,” harap Rajali, Selasa (2/2).

Terkait rusaknya infrastruktur jalan mulai dari wilayah Siduk hingga Teluk Batang, Wakil Ketua DPRD KKU, Tajudin berharap agar dapat segera diperbaiki secara serius oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalbar.

“Terutama di Desa Simpang Tiga. Banyak jalan dan jembatan yang berlubang. Meskipun telah dilakukan penambalan, tetapi tidak begitu lama sudah rusak lagi. Apalagi, tahun ini kita akan menyambut Sail Karimata. Kami mengharapkan dinas PU untuk serius menangani persoalan ini,” harap Tajudin.

Terlebih, tambah Tajudin, pekan lalu terjadi pula kecelakaan yang merenggut nyawa korban luka akibat buruknya kondisi jalan tersebut. Kondisi ini diperparah, dengan minimnya penerangan jalan.

Menurutnya, sebagian pembangunan yang dilakukan oleh Dinas PU Provinsi di KKU Kayong, belum sepenuhnya tuntas. Di antaranya, Jembatan Pulau Kumbang yang masih belum selesai.

“Saya minta pihak Dinas PU Provinsi Kalbar segera menyelesaikan dengan baik segala proyek pembangunannya. Misalnya, Jembatan Pulau Kumbang yang telah lama belum selesai. Jangan hari ini dibetulkan, tidak begitu lama rusak lagi,” kata Legislator  asal Dapil Kepulauan ini.

Ke depannya, ia juga akan mengagendakan koordinasi dengan dinas PU provinsi, untuk menindaklanjuti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang dilaksanakan di KKU. (ble/bob)