Sungai Dangkal, Kapal Angkutan di Kayong Utara Sulit Berlabuh

Kayong Utara

Editor sutan Dibaca : 789

Sungai Dangkal, Kapal Angkutan di Kayong Utara Sulit Berlabuh
Sejumlah kapal angkutan, baik barang maupun transportasi umum lainnya di Kabupaten Kayong Utara (KKU), Senin (11/7). SUARA PEMRED/ SYAHAR BANU
SUKADANA, SP – Hampir sepekan memasuki musim angin selatan, sejumlah kapal angkutan, baik barang maupun transportasi umum lainnya di Kabupaten Kayong Utara (KKU), mulai merasa kesulitan berlabuh ke dermaga.

Hal tersebut disebabkan dangkalnya perairan serta kondisi air pasang yang hanya terjadi pada malam hari.
Kondisi ini memang telah berlangsung sejak lama, diperparah pula dengan masuknya musim angin selatan yang berakibat pasang air hanya terjadi pada malam hari.

Sedangkan kedalaman pesisir pantai dan sungai sudah terbilang dangkal dan tidak layak untuk jadikan jalur transportasi berlabuh.

Samsul (35) salah satu awak kapal motor tradisional yang sehari-harinya menerima jasa pengiriman barang dari Pontianak ke Kayong Utara, dirinya harus tetap merapatkan kapal motornya agar dapat menurunkan barang kiriman yang dibawanya sesuai dengan jam yang telah ditentukan.

“Mau tidak mau harus menunggu air pasang dulu, baru dapat bersandar. Untuk menurunkan barang-barang yang dibawa dari Pontianak,” katanya, Senin (11/7).

Tak ayal, kondisi ini kerap dikeluhkan oleh para pemilik usaha kepada pemerintah, yang hanya dapat memberikan solusi untuk dapat pindah ke pelabuhan baru. (ble/bob/sut)

Komentar