Gakumdu Kayong Utara Terbentuk

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 231

Gakumdu Kayong Utara Terbentuk
PENGAMANAN - Personel Polres Kayong Utara melakukan pengamanan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kayong Utara, belum lama ini. Di samping itu, tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) telah terbentuk. (SP/Arief)
SUKADANA, SP - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kayong Utara saat ini tengah menyiapkan pembentukan badan Ad-Hock penyelesaian permasalahan Pilkada dengan membentuk tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Komisioner Panwaslu Kayong Utara, Khosen mengatakan, dalam waktu dekat, Gakumdu akan terbentuk dan segera dapat bertugas untuk menyelesaikan permasalahan dugaan pelanggaran yang terjadi di Pilkada baik Pilgub maupun Pilbup.

“In Sha Allah satu dua hari ini, Gakumdu sudah terbentuk di Kayong Utara. Kita sudah berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian,” kata Khosen, Selasa (9/1).

Ia menjelaskan, Gakumdu merupakan salah satu instrument penting dalam sebuah proses demokrasi yang merupakan salah jalur penyelesaian dugaan pelanggaran Pilkada.

“Diperkirakan sore ini (Selasa-red) Surat Keputusannya sudah keluar dan personel sudah masuk,” kata Khosen.

Dikatakannya, jumlah personel yang akan menjadi pelaksana di Gakumdu tersebut terdiri dari 15 orang.

Sentra Gakumdu adalah wadah dari tiga institusi yakni Kepolisian, Kejaksaan dan Pengawas Pemilu yang memiliki tugas, salah satunya yakni menindaklajuti laporan dugaan tindak pidana Pemilu.

"Fungsi Gakumdu adalah melakukan gelar perkara, untuk menemukan unsur-unsur tindak pidana Pemilu dan bukti yang harus dikumpulkan," terangnya. (ble/bob)

Komentar