Cuaca Ekstrim Jadi Masalah Aliran Listrik

Kayong Utara

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 238

Cuaca Ekstrim Jadi Masalah Aliran Listrik
PERBAIKI - Pekerja PLN tampak sedang memperbaiki jaringan listrik. Cuaca yang tak menentu di Kayong Utara menjadi masalah akan aliran listrik di sana. (SP/Bule)
SUKADANA, SP - Kepala PLN Rayon Sukadana, Gilang Aryasetya mengatakan, bahwa cuaca yang melanda Kabupaten Kayong Utara saat ini, akan menjadi masalah aliran listrik. Terutama jika terjadi hujan, angin kencang dan disertai dengan Petir.

"Bisa terjadi padam secara tiba-tiba, tetapi tidak selalu setiap hujan lebat langsung padam," kata Gilang saat dikonfirmasi lewat selularnya, Senin (28/5).

Dikatakan Gilang, ada kondisi-kondisi yang membuat alirannya listriknya tiba-tiba padam. Yang dalam istilah PLN disebut ada Potensi penyebab gangguan.

Gilang melanjutkan, kabel yang selama ini mengaliri listrik di Kayong Utara adalah Jaringan Tegangan Menengah. Dimana ada dua jenis yang digunakan PLN, yakni yang berisolasi dan tidak berisolasi.

"Untuk yang tidak berisolasi inilah yang sangat sensitif. Jika ada angin kencang dan berakibat ada pohon yang terkena kabel tersebut, berakibat listrik menjadi padam," ujar Gilang.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat Ketapang, jika ada pohon-pohon yang sudah menyentuh atau hampir menyentuh jaringan PLN untuk mengizinkan petugas PLN melakukan pemangkasan atau penebangan, sehingga kejadian yang tak diinginkan dapat diminimalisir.

"Selain itu, mohon juga masyarakat menghindari bermain layang-layang dekat jaringan listrik, apalagi layang-layang yang menggunakan tali kawat, karena berbahaya," tutup Gilang. (ble/pul)