Passing Grade CPNS, Tak Sesuai Kemampuan SDM

Kayong Utara

Editor Angga Haksoro Dibaca : 419

Passing Grade CPNS, Tak Sesuai Kemampuan SDM
Sukadana, SP - Hanya 30 peserta dari total 1.470 seleksi CPNS Kabupaten Kayong Utara lolos seleksi kompetensi dasar (SKD). Pelaksanaan ujian dilakukan 7-11 November 2018.  

Agus Suratman, Kepala Bagian Kepegawaian dan Pengembangan SDM Sekretariat Daerah Kayong Utara menuturkan, passing grade yang ditetapkan pemerintah tidak sebanding dengan kemampuan SDM calon pegawai negeri sipil di daerah.  

“Kalau soalnya susah semua, rata-rata (peserta) pasti tidak bisa mengerjakan. Ini buktinya ada yang lulus, kita tidak bisa juga mengatakan susah. Artinya pelamar itu yang kurang mampu untuk menyesuaikan passing grade,” kata Agus di ruang kerjanya di Kantor Bupati Kayong Utara, Sukadana, Senin (12/11).  

Menurut Agus Suratman, 30 peserta yang lolos sudah memenuhi formasi, meski belum semuanya terisi. Kuota penerimaan CPNS Kabupaten Kayong Utara sebayak 139 orang untuk formasi tenaga guru, kesehatan, dan teknis.  

“Ternyata yang lulus passing grade itu di seluruh Indonesia seperti itulah kondisinya. Tiga persen bahkan di seluruh Indonesia, bukan hanya Kayong Utara,” ujar Agus.