KPU Serahkan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu

Kayong Utara

Editor Angga Haksoro Dibaca : 135

KPU Serahkan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu
Sukadana, SP - Komisi Pemilihan Umum  Kabupaten Kayong Utara menyerahkan 3 ton alat peraga kampanye Pemilu 2019. Alat peraga kampanye berupa spanduk dan baliho diserahkan secaara resmi kepada peserta pemilu di Sukadana, Senin (19/11).  

Ketua KPU Kabupaten Kayong Utara, Rudi Handoko mengatakan alat peraga kampanye yang difasilitasi oleh KPU, telah disortir dan dilakukan pengecekan.  

Menurut Rudi Handoko, APK selanjutnya dapat dipasang oleh para peserta pemilu di lokasi yang telah ditunjuk Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. “KPU sudah melakukan pencetakan APK dan setelah sesuai, maka kami serahkan,” kata Rudi Handoko.  

Hadir dalam serah terima APK tersebut perwakilan partai politik, tim kampanye calon presiden dan calon wakil presiden, serta calon DPD yang disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kayong Utara. Masing-masing peserta pemilu menerima 10 baliho ukuran 3x4 meter dan 16 spanduk ukuran 1x4 meter.    

Dalam serah terima tersebut Rudi Handoko menyampaikan perlunya ditetapkan kesepakatan lokasi pemasangan alat peraga kampanye. Sebab aturan yang selama ini dipakai masih bersifat umum, hanya menyebutkan zonasi desa.  

“Untuk beberapa desa seperti Desa Pelapis, Padang, Betok, Durian Sebatang, Dusun Besar, Dusun Kecil dan Kemboja akan dikeluarkan surat untuk lebih spesifik sebagai lokasi penempatan pemasangan APK. Sehingga tidak menyalahi aturan dan azas manfaat pemasangan terpenuhi. Topografi serta kultur masyarakat di KKU juga perlu diperhatikan,” jelasnya.  

Terkait APK untuk DPD RI yang hanya dihadiri satu dari 20 calon, KPU akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kalimantan Barat untuk langkah lebih lanjut.  

“Secara administrasi, calon anggota DPD atau perwakilannya tidak ada melaporkan diri ke KPU. Sehingga KPU Kabupaten Kayong Utara terkendala dalam pendistribusian APK yang sudah dicetak.”