Program Bhara Pelita, Wajah Humanis Polres Kayong Utara

Kayong Utara

Editor Angga Haksoro Dibaca : 68

Program Bhara Pelita, Wajah Humanis Polres Kayong Utara
Sukadana, SP - Bhayangkara Peduli Lingkungan dan Tempat Wisata (Bhara Pelita) menjadi program teranyar Polres Kayong Utara. Program itu diluncurkan Rabu (21/11) di lokasi Wisata Pantai Pulau Datok, Sukadana.  

Kapolres Kayong Utara, AKBP Asep Irpan Rosadi menjelaskan, Bhara Pelita terbagi atas tiga tim. Tim aksi, tim edukasi, dan tim evaluasi.  

Tim aksi bertugas untuk membersihkan sampah di ruang-ruang publik dan di lingkungan-lingkungan kumuh. Sementara tim edukasi berperan menanamkan budaya menjaga kebersihan lingkungan kepada masyarakat, termasuk ke sekolah-sekolah.  

AKBP Asep Irpan menyebut program Bhara Pelita muncul sebagai wujud dukungan Polres Kayong Utara untuk program pembangunan pemerintah daerah.  

Kapolres meyakini program Bhara Pelita mampu menekan jumlah kriminalitas. “Dasar kami adalah pemolisian demokratis. Di mana polisi bisa masuk ke sendi-sendi ekonomi, sosial, budaya, ekonomi, dan mencegah gangguan kamtibmas,” kata AKBP Asep.  

Tim yang tergabung dalam Bhara Pelita akan diturunkan membersihkan lingkungan sedikitnya dua kali dalam sepekan. Bhara Pelita juga akan diterjunkan pada acara insidental yang biasanya meninggalkan banyak sampah.  

“Atau laporan dari intelijen ada sebuah tempat ibadah, cagar budaya, atau titik wisata yang catnya sudah pudar jadi malah seperti rumah hantu, itu insidental. Kami segera ke sana bersih-bersih, insya Allah ngecat,” ujar AKBP Asep.