Motivasi Pelajar, Bupati Ketapang Rutin Kunjungi Sekolah

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 528

Motivasi Pelajar, Bupati Ketapang Rutin Kunjungi Sekolah
MOTIVASI - Bupati Ketapang, Martin Rantan memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMKN 2 Ketapang saat menjadi pembina upacara, Kamis (20/7).
KETAPANG, SP - Bupati Ketapang, Martin Rantan beserta beberapa Kepala Dinas dan Pejabat Pemda lainnya kembali melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah di Kota Ketapang. Kunjungan ini merupakan salah satu dukungan dan motivasi Bupati kepada siswa untuk semakin giat belajar demi mencapai cita-cita.

Pada hari ini, Kamis (20/7), giliran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Ketapang yang didatangi Bupati Ketapang beserta rombongan. Dalam kesempatan tersebut, Martin menjadi pembina upacaya yang diikuti 1.300 siswa SMKN 2 Ketapang.

"Saya ingin memberikan motivasi dan melihat para siswa lebih dekat," ungkapnya, Kamis (20/7).

Saat ini Pemda Ketapang tidak memiliki wewenang lagi terhadap SMA dan SMK, karena sudah diambil alih oleh Pemerintah Provinsi. Namun demikian, bukan berarti tidak ada lagi tanggung jawab Pemda Ketapang, dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemda harus terlibat di dalam pembangunan SDM.
Oleh kerena itu, kunjungan ke sekolah-sekolah ini merupakan salah satu dukungan Pemda dalam membangun SDM.

Usai memimpin upacara, Martin memberikan motivasi kepada siswa. Terlebih lagi bagi siswa SMK yang memang dididik untuk siap kerja setelah lulus.

"Kita harus siap, siap dengan ilmu pengetahuan dan bersaing, kalau tidak siap kita bisa-bisa jadi penonton di negeri sendiri, karena Ketapang ini kaya dengan sumber daya alamnya," tegasnya.

Ia meminta, selain harus memperbanyak mempelajari berbagai macam teori, para siswa juga harus belajar tentang disiplin. Karena menurutnya, disiplin adalah salah satu modal penting dalam dunia kerja.

"Harus disiplin, ketika disiplin terbentuk maka masuk pada sistem dan metode. Apalagi sekolah kejuruan adalah lulusan yang siap pakai dan kerja," nilainya.

Martin juga juga menyampaikan beberapa pesan khusus kepada siswa. Di antaranya, untuk menjauhi narkotika dan minum-minuman keras. Kemudian tidak ikut dalam organisasi radikal serta intoleransi.
"Sebisa mungkin untuk tidak berpacaran selama masih mengenyam pendidikan," pesannya.

Kemudian, Martin kepada berpesan kepada para siswa untuk saling mengenal antar sesama, jangan membuat kelompok-kelompok tertentu. Seperti contoh membuat kelompok pelajar dari daerah perkotaan dan tidak mau bergaul dengan siswa yang berasal dari daerah. "Jangan buat-buat kelompok, semuanya sama, sama-sama mencari ilmu dan sama-sama ingin mencapai cita-cita," imbaunya.

Kepala SMKN 2 Ketapang, Erini mengatakan, pada tahun ajaran baru ini, pihaknya menerima hampir 500 siswa baru dari delapan jurusan. Saat ini, SMKN 2 Ketapang memiliki 1.300 anak didik.
"SMkKN 2 Ketapang juga menjadi sekolah rujukan pelayaran," katanya.

Atas kunjungan Bupati tersebut, pihaknya sangat bahagia. Selain memberikan motivasi kepada siswa, kehadiran Bupati juga sebagai bentuk dukungan Pemda Ketapang terhadap sekolah, meskipun SMK sudah diambil alih oleh Provinsi.

"Kami senang, karena Pemda masih sangat peduli dengan kami. Bahkan, kami diminta untuk membuat proposal pembangunan gereja di sekolah ini. Pemda akan bantu," ungkapnya. (teo/bob/pk)

Komentar