KPU Ketapang Usulkan Tiga Draf Daerah Pemilihan

Ketapang

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 241

KPU Ketapang Usulkan Tiga Draf Daerah Pemilihan
Ilustrasi. Net
KETAPANG, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang telah menyiapkan tiga draft usulan Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 mendatang. Draft tersebut akan diusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kalbar.

Ketua KPU Ketapang, Ronny mengatakan, tiga draf usulan telah melalui keputusan Rapat Pleno yang digelar pada 18 Januari 2018 lalu, setelah melalui beberapa proses penyusunan usulan daerah pemilihan, di antaranya melakukan pertemuan dengan berbagai stakeholder.

"Seperti perwakilan partai politik, unsur pemerintah, Panwaslu, serta pemangku kepentingan lainnya," ungkapnya, Selasa (23/1).

Dari pertemuan ini, diperolehlah masukan, pendapat hingga saran terkait format daerah pemilihan yang representatif bagi kepentingan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Ketapang. Tak hanya itu, selain melakukan pertemuan penataan Dapil, pihaknya juga menerima usulan tertulis yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda), Partai Politik (Parpol) dan satu dari Komisi di DPRD Kabupaten Ketapang.

"Sebelum diusulkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi, terlebih dahulu diumumkan guna mendapatkan tanggapan masyarakat dan dilakukan proses uji publik pada tangal 26 – 28 Januari 2018 mendatang," jelasnya.

Ia menambahkan, proses pengusulan tiga draft ini ke KPU RI nantinya akan dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendukung, disertai uraian atau penjelasan yang melatari pertimbangan pengajuan ke 3 (tiga) model Dapil tersebut.

Terkait soal mekanisme penyusunan daerah pemilihan dan alokasi kursi, diawali melalui tahapan penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri kepada KPU RI pada tanggal 17 Desember 2017 lalu. Yang mana, sebelum data DAK2 tersebut diteruskan kepada KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota, KPU RI terlebih dahulu menetapkan jumlah alokasi kursi untuk kelembagaan DPRD di masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.

"Berdasarkan penetapan yang dilakukan oleh KPU RI, untuk Pemilu tahun 2019 mendatang, jumlah kursi DPRD Kabupaten Ketapang berjumlah 45 (empat puluh lima) Kursi. Jumlah kursi tersebut masih sama dengan yang ditetapkan pada Pemilu tahun 2014 yang lalu. Sedangkan, untuk jumlah penduduk Kabupaten Ketapang yang telah ditetapkan berdasarkan data DAK2, yakni berjumlah 578.533 jiwa," terangnya.

Ia mengaku, prosedur penyusunan draft usulan Dapil yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Ketapang secara resmi mereferensi PKPU Nomor 16 Tahun 2017 yang diberlakukan saat ini, dengan atas panduan aturan serta kompilasi masukan yang diperoleh dari berbagai pihak, selanjutnya KPU Ketapang memformulasikan usulan daerah pemilihan ke dalam tiga draft alternatif, yakni format enam Dapil, format tujuh Dapil dan format delapan Dapil.

"Untuk diketahui, kapasitas kita hanya sebatas pihak yang mengajukan usulan saja. Sedangkan, penetapan format daerah pemilihan pada pemilu tahun 2019 kewenangannya secara resmi ada di KPU RI, dengan ketentuan yang berlaku," terangnya. (teo/bob)