DAD Ketapang Gelar Ritual Penggantian Tempayan Tugu Tolak Bala

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 524

DAD Ketapang Gelar Ritual Penggantian Tempayan Tugu Tolak Bala
Ritual penggantian Tajau atau tempayan di Tugu Tolak Bala Ketapang, Rabu (7/2). (SP/Teo)
KETAPANG, SP - Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Ketapang menggelar ritual adat penggantian Tajau (tempayan) Tugu Tolak Bala, yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Kegiatan tersebut dihadiri pengurus DAD, Forkopimda, perwakilan dari masing-masing suku yang ada di Ketapang serta sejumlah kepala Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Ketua Harian DAD Ketapang, Heronimus Tanam mengatakan, ritual adat penggantian Tajau lantaran sebelumnya tempayan di tugu tersebut dirusak oleh oknum warga yang tidak bertanggung jawab. Beruntung kejadian segera ditangani pihak kepolisian yang sigap dan cepat mengungkap kasus pengrusakan tempayan tersebut.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Kapolres beserta jajaran lantaran cepat menungkap pelakunya sehingga diketahui pelaku melakukan karena dalam kondisi tidak sadar sehingga dapat mengantisipasi pemikiran-pemikiran negatif terkait kejadian tersebut," ungkapnya, Rabu (7/2).

Dia melanjutkan, selain memasang kembali tempayan, kegiatan ini sekaligus pembacaan surat keputusan penetapan Tugu Tolak Bala sebagai Tugu Perdamaian semua etnis yang ada di Kabupaten Ketapang.

"Mari kita jaga bersama-sama tugu perdamaian ini, karena tugu milik semua etnis yang ada di Kabupaten Ketapang," ajaknya. (teo)