Insiden Orangutan Masuk ke Asrama Al-Haudl, YIARI Siap Ganti Rugi Kerusakan

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 293

Insiden Orangutan Masuk ke Asrama Al-Haudl, YIARI Siap Ganti Rugi Kerusakan
Individu Orangutan yang mengacak-acak asrama mahasiswi. (ist)
KETAPANG, SP – Individu Orangutan betina berumur 6,5 tahun masuk ke Asrama Putri Kampus STAI Al-Haudl Ketapang, kontan membuat heboh.

Orangutan bernama Lady, mengacak-acak serta menghancurkan sejumlah barang. Diketahui Lady berasal dari Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) Ketapang. Pihak YIARI mengaku siap mengganti rugi dan telah bertemu dengan pihak Kampus Al-Haudl Ketapang.

Media dan Komunikasi IAR Indonesia, Heribertus Suciadi membenarkan Orangutan lepas dari lokasi rehabilitasi pihaknya. Orangutan itu pernah diselamatkan dari Dusun Batang, Desa Pelanjau Jaya, Kecamatan Marau, Ketapang.

Saat ini pihanya telah memverifikasi kerusakan dan telah melakukan pertemuan dengan pihak Al-Haudl untuk membicarakan persoalan ganti rugi akibat masuknya Orangutan dari YIARI ke asrama kampus.

"Kita komitmen mengganti rugi dan setiap kejadian kita selalu ganti," ungkapnya, Jumat (2/3).

Ia melanjutkan, saat ini ada sebanyak 110 Orangutan yang berada di YIARI Ketapang, yang mana pihaknya telah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga semuanya supaya tetap berada di dalam kawasan yang telah ditentukan. Di antaranya dengan membangunan kanal di sekeliling pulau buatan tempat merehabilitasi.

Serta juga membangun pagar listrik di sekeliling pulau yang memiliki daya kejut tidak mematikan hanya untuk memastikan tidak ada Orangutan yang bisa keluar dari area rehabilitasi.

Saat kejadian, posisi Orangutan betina berada di satu di antara pulau rehabilitasi lantaran pihaknya memang melepas mereka di area pulau-pulau supaya bisa belajar adaptasi dengan habitat aslinya. (teo)