Dirjen Perhubungan Tak Respon Soal Jembatan Timbang Siduk

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 217

Dirjen Perhubungan Tak Respon Soal Jembatan Timbang Siduk
Kadishub Ketapang, Djoko Prastowo. (SP/Theo)
KETAPANG, SP - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ketapang, Djoko Prastowo mengatakan, pihaknya kerap kali berkoordinasi agar kewenangan pengelolaan Jembatan Timbang Siduk dapat dikelola pihaknya. Namun sampai saat ini belum ada respon dari Dirjen Perhubungan.

"Jembatan timbang kewenangannya masih di Dirjen Perhubungan, kita tidak bisa mengambil langkah atau kebijakan sebelum kewenangan diserahkan ke kita," katanya, Selasa (27/3).

Dia berulang kali membahas persoalan ini baik di tingkat provinsi maupun pusat. Pasalnya jembatan ini sangat dibutuhkan oleh Pemkab Ketapang.

"Kita berharap diberi wewenang mengelolanya. Informasi Dirjen akan turun mengecek kondisinya apakah dianggap sesuai dan diperlukan baru kemungkinan akan dilimpahkan. Tapi kita belum tahu kapan waktunya," katanya.

Jembatan timbang diperlukan untuk membantu keselamatan angkutan dan mengukur tonase. Dengan demikian, bisa bertindak terhadap truk-truk over kapasitas.

"Untuk kewenangan di jalan ada Lantas, kita soal tonasenya. Tapi kita siapkan solusi jika tidak ada tindak lanjut soal kewenangan jembatan timbang, apakah dengan mengajukan anggaran di Pemda untuk pembangunan jembatan timbang," pungkasnya. (teo)