Jaksa Sampaikan Dakwaan terhadap Isa Anshari terkait Kasus Ujaran Kebencian

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 1690

Jaksa Sampaikan Dakwaan terhadap Isa Anshari terkait Kasus Ujaran Kebencian
Suasana jalannya persidangan perdana terhadap Ketua FPKR Ketapang, Isa Anshari, Rabu (5/12).
KETAPANG, SP - Pengadilan Negeri (PN) Ketapang menggelar sidang perdana kasus ujaran kebencian terhadap terdakwa Ketua Front Perjuangan Rakyat Ketapang (FPRK), Isa Anshari, Rabu (5/12). Sidang yang beragendakan pembacaan dakwaan dilanjutkan pada Selasa (11/12) lantaran penasehat hukum terdakwa menyampaikan eksepsi atau keberatan atas dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dari pantauan, suasana PN Ketapang tidak seperti biasa, ratusan aparat keamanan gabungan mulai dari Polres, Kodim, Brimob melakukan penjagaan. Terlihat beberapa kendaraan pengamanan dari kepolisian hingga satu unit water canon dari kepolisian terparkir di depan PN Ketapang. Bahkan masyarakat yang memasuki kantor PN Ketapang ikut diperiksa menggunakan metal detector, padahal jumlah warga yang menghadiri sidang hanya belasan orang.

Sidang yang dimulai sekitar pukul 09.25 WIB dan berakhir sekitar pukul 09.45 WIB dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Ketapang sebagai Hakim Ketua Iwan Wardhana, Hakim Anggota Ersin dan Hendra.

Saat dikonfirmasi, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri (Kejari) Ketapang, Rudy Astanto mengatakan kalau sidang perdana beragendakan pembacaan dakwaan terhadap terdakwa. Yang mana dalam sidang ini penasehat hukum terdakwa menyampaikan eksepsi atau keberatan atas dakwaan yang disampaikan pihaknya.

"Dakwaannya mengenai ujaran kebencian serta Pasal 45 Huruf a dan Pasal 45 UU ITE," ungkapnya.

Ia melanjutkan, usai pembacaan dakwaan, penasehat hukum terdakwa melakukan eksepsi atau keberatan yang nantinya akan disampaikan secara tertulis pada sidang lanjutan Selasa (11/12).

"Alhamdulillah sidang tadi berjalan aman dan kondusif. Kita pastikan kita bekerja profesional dan tanpa tekanan dari pihak manapun," tegasnya. (teo)