Maman Tegaskan Isu di PT WHW AR Tidak Benar

Ketapang

Editor Kiwi Dibaca : 1412

Maman Tegaskan Isu di PT WHW AR Tidak Benar
CINDERAMATA - Anggota Komisi VII DPR RI, Maman Abdurrahman memberikan cinderamata kepada Direktur Operasional PT. WHW AR, Zhao Jialiang saat kunjungan kerja spesifik (Kunspek) ke PT WHW AR di Ketapang
KETAPANG, SP - Anggota Komisi VII DPR RI,  Maman Abdurrahman mengatakan isu mengenai dominasi Tenaga Kerja Asing (TKA) dan pengolahan limbah di PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR) di Ketapang tidak benar. Pernyataan ini dikatakan Maman usai dirinya bersama Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik (Kunspek)  ke PT WHW AR beberapa waktu lalu.

"Kunjungan kami ke PT WHW ingin melihat perkembangan dan manfaat perusahaan untuk masyarakat, serta melihat aktifitas operasional. Ini kita lakukan karena banyak isu terkait TKA serta hubungan sosial dengan masyarakat," ujar Maman Abdurrahman saat dihubungi, kemarin. Mengenai dominasi TKA di PT WHW AR dikatakan Maman dari 2.700 karyawan di PT WHW AR, pekerja asing dari Tiongkok hanya 300 an orang. Angka ini menurut Maman rasional.

"Namun kami berharap ke depan peran pekerja lokal bisa lebih diberikan peran lebih besar dan transfer knowledge terlaksana sempurna," kata legislator dari Partai Golkar ini.
Terkait pengolahn limbah, berdasarkan kunjungan di lapangan, Maman mengatakan, pengelolaan limbah yang dilakukan perusahaan cukup profesional. Meskipun diakui bahwa masih ada keluhan.

"Hal ini masih perlu diintensifkan penanganannya, namun secara keseluruhan sudah cukup baik," ujarnya. Namun Komisi VII DPR RI dalam hasil kunjungannyan menyoroti optimalisasi dan penambahan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR). Sehingga bisa lebih bermanfaat untuk masyarakat Kendawangan, Ketapang dan dirasakan di Kalbar.

"Tidak hanya di sekitar WHW saja dan program yang direalisasikan terkait peningkatan kapasitas soft skill seperti pelatihan menjahit, bengkel dan lain-lain untuk mendorong ekonomi masyarakat," kata Maman.
Direktur External Relation PT WHW AR, Stevi Thomas menilai kunjungan Komisi VII DPR RI ke merupakan bentuk perhatian kepada perusahaan.  

“Apalagi ada beberapa rekomendasi dari mereka untuk perbaikan kinerja kami. Kami yakin kunjungan ini menjadi motivasi meningkatkan produksi dan ekspor ke negara-negara lainnya,” kata Stevi.
Hadir juga dalam kegiatan itu Direktur Operasional PT. WHW AR,  Zhao Jialiang dan Deputy General Manager PT. WHW AR Dev Herindra.

Kemudian anggota Komisi VII DPR RI yang ikut dalam kunjungan di antaranya, Katherine Anggela Oendoen selaku pimpinan tim, Denny Jaya Abri Yani, Ivan Doly Gultom, Maman Abdurrahman,  Nawafie Saleh,  Ihwan Datu Adam, Pegigi Patricia Pattipi dan Muhamad Yudi Kotoucky. (teo/jee/*)

Komentar