Penasihat Hukum Isa Anshari Nilai Pengamanan Sidang Berlebihan

Ketapang

Editor K Balasa Dibaca : 821

Penasihat Hukum Isa Anshari Nilai Pengamanan Sidang Berlebihan
Isa Anhari (rompi orange) ketika menyalami keluarga yang memberikan dukungan.
KETAPANG, SP - Pengadilan Negeri (PN) Ketapang menggelar sidang perdana pembacaan dakwaan terhadap terdakwa kasus ujaran kebencian, Isa Anshari, Rabu (5/12). Sidang yang dikawal dan diamankan sedikitnya 250 personel keamanan dinilai berlebihan oleh Penasihatan Hukum Terdakwa, Syarif Kurniawan.

Dia menilai pengamanan yang dilakukan seperti pengamanan untuk situasi perang bukan pengamanan dalam sidang sebuah kasus hukum.

"Ini terkesan berlebihan dalam kasus ini, apalagi klien kami seorang tokoh masyarakat yang baik, disayangi masyarakat, beliau bukan teroris, bukan ahli maksiat atau bukan tokoh masyarakat yang dalam tanda kutip, sehingga tak seharusnya pengamanan dilakukan berlebihan," ketusnya.  

Ia tak masalah ada pengamanan, namun tak perlu berlebihan.  

"Apalagi buktinya masyarakat yang datang tidak ramai dan semua teratur, tidak ada yang anarkis atau arogansi, ini terbanding terbalik dengan pengamanan hingga ratusan orang," tutupnya.

Dari pantauan, suasana PN Ketapang memang tidak seperti biasa, ratusan aparat keamanan gabungan melakukan penjagaan. Terlihat beberapa kendaraan pengamanan dari kepolisian hingga satu unit water canon dari kepolisian terparkir di depan PN Ketapang.

Bahkan masyarakat yang memasuki kantor PN Ketapang ikut diperiksa menggunakan metal detector, padahal jumlahnya hanya belasan orang. (teo)