q Suara Pemred − Kadis DKP: 65 Lokasi Hutan Mangrove di KKR Dirusak

Kadis DKP: 65 Lokasi Hutan Mangrove di KKR Dirusak

Kubu Raya

Editor sutan Dibaca : 983

Kadis DKP: 65 Lokasi Hutan Mangrove di KKR Dirusak
Hutan Mangrove (SP/Ist)
PONTIANAK, SP- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalbar, Gatot Rudiyono mengungkapkan ada 65 lokasi hutan mangrove di Kabupaten Kubu Raya (KKR), ditebang oleh oknum masyarakat untuk dijadikan arang dan kemudian dijual ke pihak asing.

"Ada 65 lokasi di sana (KKR-red). Dan barangnya itu menjadi permintaan ekspor ke Korea," ujarnya.

Menurut Gatot, mestinya masyarakat dan segenap pihak bisa bersama-sama menjaga kelestarian mangrove. Sebab, tanaman ini menjadi salah satu solusi  dalam mencegah abrasi di kawasan pesisir, dan dapat mengembalikan ekosistem hewan  sekitar.

"Selain berfungsi seperti halnya breakwater (pemecah ombak), mangrove juga dapat mengembalikan habitat biota laut dan hewan sekitar yang bergantung dengan adanya pohon tersebut," terangnya.


Sementara itu, aktivis lingkungan, Syamhudi mengatakan, pemerintah dan berbagai elemen masyarakat hendaknya mengingatkan bahwa mangrove merupakan pohon yang mempunyai manfaat luar biasa bagi lingkungan.

Selain itu, kata Syamhudi,  keberadaan mangrove juga dapat membawa efek keberlanjutan yakni ekosistem lain seperti biota laut.


"Untuk mencegah agar tidak ada lagi penebangan, maka yang pertama dilakukan adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat," ujarnya.

Syamhudi menuturkan, selain pemahaman pemerintah dan aparat penegak hukum juga mesti menindak tegas pelaku perusak ekosistem mangrove. (umr/jee)