KPU Kubu Raya Ingin Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 331

KPU Kubu Raya Ingin Tingkatkan Partisipasi Pemilih
SOSIALISASI – KPU Kubu Raya mengundang sejumlah elemen masyarakat dalam sosialisasi tahapan Pilkada serentak 2018 di Aula Hotel Gardenia, Rabu (4/10). SP/Jaka

Sosialisasi Tahapan Pilkada


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya menggelar sosialisasi tahapan pemilihan umum (Pemilu) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya yang diagendakan akan dilaksanakan pada Juli 2018 mendatang, kegiatan itu digelar di Aula Hotel Gardenia, Rabu (4/10).  

SP - Ketua KPU Kubu Raya, Gustiar menjelaskan, pelaksanaan sosialisasi tahapan dan program tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah (Pilkada) bertujuan memberikan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang proses, tahapan serta penetapan tanggal pemilu itu sendiri.

"Informasi ini harus bisa sampai ke tingkat masyarakat yang paling bawah, mulai dari tahapan pemilu hingga proses pungut hitung serta penetapan bupati terpilih," ujarnya.

Ia menegaskan, pada sosialisasi ini pihaknya melibatkan berbagai elemen masyarakat sebagai peserta, dari unsur pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan, organisasi pemuda hingga organisasi perempuan.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur kalbar serta Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya sendiri akan diselanggarakan pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2018.

"Kita berharap tanggal ini sudah diketahui oleh masyarakat hingga di tingkat paling bawah, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak suaranya pada hari itu," terangnya. 

Proses partisipasi  masyarakat pada pemilu 2014 lalu sebanyak 71,9 persen, dan diharapkan pada pemilu 2018 terjadi peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu baik pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur maupun Pemilu Bupati dan Wakil Bupati.

"Kita targetkan melebihi 80 persen partisipasi masyarakaat, semakin tinggi partisipasi masyarakat maka semakin baik pelaksanaan pemilu itu sendiri," terangnya. (jaka iswara/ang)

Komentar