Akan Beroperasi Januari 2019, RSUD Kubu Raya Butuh 300 Tenaga Medis

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 640

Akan Beroperasi Januari 2019,  RSUD Kubu Raya Butuh 300 Tenaga Medis
Maket gedung RSUD Kubu Raya. (Ist)
KUBU RAYA, SP - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kubu Raya bertipe D Pratama diharapkan sudah bisa beroperasi awal tahun 2019. Rumah sakit ini nantinya butuh sejumlah tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengungkapkan, dibutuhkan sekitar 250 hingga 300 petugas medis untuk bekerja di RSUD Kubu Raya nantinya.

Ada pun tenaga medis yang akan diserap di rumah sakit yang berlokasi di Kecamatan Rasau Jaya tersebut, yakni dokter umum, perawat dan bidan, serta tenaga teknis lainnya seperti analis laboratorium dan tenaga apoteker.

"Untuk tenaga medis dokter spesialis yang wajibnya satu. Tetapi kita sudah punya empat spesialis. Kemudian nanti juga dibutuhkan sekitar delapan dokter umum, 175 tenaga perawat untuk bekerja 3 shif. Selain itu untuk tenaga bidan dibutuhkan sekitar 60 orang. Jadi kurang lebih 250-300 orang lah yang di butuhkan," kata Berli Hamdani, kemarin.

Menurut Berli, rekrutmen tenaga medis untuk dipekerjakan di rumah sakit bertipe D Pratama tersebut akan dilakukan dengan tiga mekanisme.  Pertama yaitu mengambil sebagian pegawai negeri dari puskesmas-puskesmas yang ada.

"Kita sudah menyampaikan ke seluruh Puskesmas. Bagi pegawai negeri yang tugas di Puskesmas tetapi ingin beralih ke RS Kubu Raya, kita sudah sampaikan formulirnya. Tetapi tetap kita seleksi. Karena petugas rumah sakit itu harus memiliki kompetensi tertentu," katanya.

Kedua yakni dengan cara mengangkat tenaga honorer. Dan ketiga melalui rekrutmen CPNS 2018 yang diwacanakan akan dilaksanakan Agustus mendatang. 

"Kita juga sudah menyampaikan ke Kemenpan, kurang lebih kita mengajukan 60 kuota khusus untuk tenaga medis di Rumah Sakit Kubu Raya nanti," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, pembangunan RSUD Kubu Raya yang berlokasi di Rasau Jaya sudah mulai dikerjakan dengan ditandai peletakan batu pertama
oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus
pada Jumat (6/7) sore.

Pemerintah Daerah pun memberi target kepada pihak kontraktor agar merampungkan pembangunan selama enam bulan, sehingga diharapkan pada Januari 2019 mendatang, RSUD Kubu Raya sudah bisa beroperasi melayani kesehatan seluruh warga Kubu Raya.

Camat Rasau Jaya Suhartono menyebut pembangunan rumah sakit yang letaknya berada di Kecamatan Rasau sudah sangat tepat. Sebab Rasau Jaya adalah wilayah tengah bagi kecamatan-kecamatan yang berada di daerah perairaian seperti Batu Ampar, Terentang, Kubu dan Teluk Pakedai.

Ia berharap, kehadiran rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal bagi warga di daerah pesisir Kubu Raya. (abd)