Suwardi: Tidak Semua Kecamatan di Kabupaten Landak Surplus Beras

Landak

Editor sutan Dibaca : 717

Suwardi: Tidak Semua Kecamatan di Kabupaten Landak Surplus Beras
Ilustrasi
LANDAK, SP- Kepala Kantor Ketahanan Pangan Landak, Suwardi mengatakan bahwa  faktor kesulitan ekonomi yang menyebabkan masyarakat masih mendambakan bantuan raskin,  walau sudah dalam kondisi swasembada beras.   

"Sehingga kalau kita perhatikan, beras di Landak ini memang surplus, tapi surplusnya ini bukan terjadi disemua kecamatan. Ada beberapa daerah yang surplus, namun ada juga yang kekurangan,” kata Suwardi. 

Suwardi menyebutkan sejumlah kecamatan yang surplus beras yakni Sompak, Mandor, Sengah Temila dan Sebangki. Sementara kecamatan lain, seperti Air Besar, Meranti, Kuala Behe masih kekurangan beras. 

“Kondisi yang tidak merata itulah sehingga masyarakat setempat cendrung memerlukan bantuan raskin tersebut," terangnya. 

Untuk itu, Suwardi berharap, Pemda Landak harus jeli melihat daerah-daerah yang akan diberikan bantuan raskin. Kecamatan yang surplus beras, menurut dia, tidak perlu disalurkan bantuan. 

"Kita harus melihat daripada kondisi kecamatan tersebut. Jangan disamaratakan. Kalau disamaratakan, semua kecamatan di Landak dapat raskin," harapnya. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut tambah Suwardi, harus dilakukan pendataan ulang masyarakat yang mendapatkan jatah raskin. (dvi/ang)