Mini Market Jual Produk Kedaluwarsa

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 440

Mini Market Jual Produk Kedaluwarsa
DISITA - Sejumlah produk makanan dan minuman kedaluwarsa disita oleh tim Satgas kartel pangan Landak dari sebuah mini market di Kota Ngabang, Kamis (8/6). Pemantauan produk makanan dan minuman yang dilakukan tersebut dalam rangka jelang hari raya Idul Fit
LANDAK, SP - Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H, tim satuan tugas (satgas) kartel pangan Kabupaten Landak memantau kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah super market dan mini market di Kota Ngabang, , Kamis (8/6). Tim itu terdiri dari Kepolisian, Balai POM dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Landak.

 Wakapolres Landak, Kompol Damianus Dedi Susanto mengatakan, Satgas kartel pangan tersebut sudah dicetuskan di tingkat pusat.
"Kita tinggal menindaklanjutinya. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Polri dengan instansi terkait lainnya," ujar Damianus di sela-sela pemantauan.

 Dikatakan, kegiatan yang dilakukan oleh Satgas kartel pangan tersebut meliputi pemantauan harga sembako dan harga barang lainnya yang ada di pasar Ngabang.
"Kita juga mengecek kedaluwarsa produk makanan dan minuman. Kitapun mengecek stok kebutuhan pangan di pasar Ngabang," katanya.

 Dijelaskan, dari hasil pemantauan tersebut, ada sejumlah supermarket maupun mini market yang masih menjual produk makanan dan minuman kedaluwarsa.
"Kita memberikan surat pernyataan kepada pemilik toko yang masih kedapatan menjual produk yang kedaluwarsa. Adapun produknya kita sita," tuturnya.

Tim juga memberikan batas waktu selama satu minggu kepada pemilik toko. "Kalau mereka masih menjual produk yang kedaluwarsa, tentu akan kita periksa pemilik tokonya. Sebab, hal ini terkait dengan UU Perlindungan Konsumen,” katanya.

Selain itu, Tim juga meminta kepada pemilik toko supaya tidak lagi menjual produk makanan dan minuman yang akan memasuki kedaluwarsa. Demikian juga produk makanan dan minuman yang tidak ada masa kedaluwarsanya, pemilik toko diminta untuk berkoordinasi dengan produsennya supaya dicantumkan bahan dan masa kedaluwarsa. (dvi/bah)