q Suara Pemred − Landak Dapat Redistribusi Tanah, Kantor Pertanahan Landak Targetkan 6000 Bidang

Landak Dapat Redistribusi Tanah, Kantor Pertanahan Landak Targetkan 6000 Bidang

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 208

Landak Dapat Redistribusi Tanah, Kantor Pertanahan Landak Targetkan 6000 Bidang
PENYULUHAN - Masyarakat Desa Raja, Kecamatan Ngabang mengikuti penyuluhan redistribusi tanah TA 2018. Tahun ini BPN menargetkan 6000 bidang redistribusi tanah bagi Kabupaten Landak. (SP/Devi)
Kepala Kantor Pertanahan Landak, Saumurdin 
"Kecamatan Menyuke yang seharusnya dua desa mendapat redistribusi tanah, tapi Desa Kayu Ara mengundurkan diri karena desa itu mengharapkan PTSL pada tahun depan. Akhirnya hanya satu desa yang dapat program redistribusi tanah yakni Desa Tolok sebanyak 800 bidang"

LANDAK, SP - Kabupaten Landak diberikan target 6000 bidang dalam program redistribusi tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada tahun 2018 ini. Di kabupaten tersebut ada delapan desa di lima kecamatan yang mendapatkan redistribusi tanah tersebut. Namun redistribusi tanah ini hanya diperuntukkan bagi penyertifikatan tanah pertanian atau perkebunan milik masyarakat.

Kepala Kantor Pertanahan Landak, Saumurdin menjelaskan, untuk Kecamatan Jelimpo di Desa Kersik Belantian sebanyak 1000 bidang, Desa Tubang Raeng 500 bidang, Desa Temahar 900 bidang dan Desa Sekais sebanyak 850 bidang.

"Kecamatan Menyuke yang seharusnya dua desa mendapat redistribusi tanah, tapi Desa Kayu Ara mengundurkan diri karena desa itu mengharapkan PTSL pada tahun depan. Akhirnya hanya satu desa yang dapat program redistribusi tanah yakni Desa Tolok sebanyak 800 bidang," jelasnya, kemarin.

Kemudian, di Kecamatan Mandor yakni di Desa Kayu Tanam juga mendapatkan program itu sebanyak 750 bidang.

"Untuk di Kecamatan Ngabang hanya Desa Raja saja yang mendapat program redistribusi tanah ini sebanyak 400 bidang. Kecamatan Sengah Temila Desa Senakin sebanyak 500 bidang. Hanya Desa Senakin yang belum kita lakukan penyuluhan redistribusi tanah tersebut," jelasnya.

Ia berharap, penyertifikatan redistribusi tanah di Landak tahun 2018 ini bisa selesai tepat waktu.

"Perlu diketahui juga dana penyertifikatan redistribusi tanah ini ada di DIPA Kanwil BPN Kalbar. Kita juga ada penyertifikatan konsolidasi tanah sebanyak 400 bidang di Desa Pakmayam Kecamatan Ngabang dan Desa Balai Peluntan," terangnya. (dvi/bah)