Bupati: Perbaikan Sementara Ruas Jalan Sayan-Kota Baru Melibatkan Perusahaan

Melawi

Editor sutan Dibaca : 1009

Bupati: Perbaikan Sementara Ruas Jalan Sayan-Kota Baru Melibatkan Perusahaan
AMBLAS- Satu unit bis penumpang amblas salah satu titik pada ruas jalan mulai Sayan-Kota Baru. (SP/Ist)
NANGA PINOH, SP – Pemkab Melawi mulai mengambil langkah untuk perbaikan sementara ruas Jalan Sayan-Kota Baru. Perbaikan jalan ini akan melibatkan perusahaan perkebunan sawit, yang beroperasi di sepanjang ruas jalan tersebut.  

“Kita sudah menggelar rapat dengan perusahaan perkebunan. Intinya kita ingin menangani jalan ini sebisanya kita. Artinya jalan ini kan status provinsi, kalau pakai anggaran Pemkab tidak bisa tanpa proses. Sementara kebutuhannya segera,” kata Panji, Bupati Melawi.
 

Menurut Panji, berdasarkan rapat koordinasi, didapati kesepahaman untuk memperbaiki jalan tersebut, paling tidak bisa kembali berfungsi. Mengingat kerusakan yang sedemikian parah sudah membuat masyarakat di wilayah perhuluan ikut menderita.  

“Sejauh yang memang diperlukan, kalau alat berat kita bisa difungsikan dengan baik, tidak masalah kita turunkan alat ke sana. Bentuk kerjasama dengan perusahaan nanti kan bisa bermacam-macam,” paparnya.  

BERITA TERKAIT: 
Jalan Darat Nanga Pinoh Hancur, Transportasi Sungai Menjadi Andalan 

Walau perbaikan ini bersifat swadaya, Panji berharap ada transparansi terkait biaya yang harus keluarkan. Menurutnya partisipasi pihak lain tetap harus dihitung, material yang diperlukan apa saja. Ia meminta semuanya terinventarisir dan terdata dengan baik.  

Selain perusahaan, lanjut Panji, perbaikan swadaya ini juga bisa saja melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, baik di Pemkab maupun masyarakat umum. Semua  pihak bisa ingin ikut andil. Partisipasi secara sukarela sesuai dengan kemampuan masing-masing.
 

“Untuk laporan, sudah kita sampaikan ke provinsi, karena ruas jalan ke Kota Baru ini sudah ada jatah dari UPJJ Provinsi, senilai Rp 5 miliar. Hanya kita tak bisa mendesak mereka untuk bekerja segera,” ujarnya.
 

Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi mengungkapkan dari rapat koordinasi yang melibatkan jajaran Pemkab, DPRD dan manajemen perusahaan perkebunan sudah disepakati untuk bersama-sama memperbaiki ruas Jalan Sayan-Kota Baru.

 “Tim perbaikan ruas jalan juga sudah dibentuk dan diketuai oleh Wakil Bupati, Dadi Sunarya. Kami ingin jalan ini bisa digunakan, karena kerusakannya cukup parah,” katanya.  

Kerusakan ruas jalan mulai dari Sayan-Kota Baru hingga Sokan sudah terjadi sejak November 2016. Puluhan titik kerusakan jalan membuat perbaikan tak bisa dilakukan seadanya.  (eko/mul)