15 Parpol Terdaftar di KPU Melawi

Melawi

Editor Kiwi Dibaca : 602

15 Parpol Terdaftar di KPU Melawi
Sosialisasi - KPU Melawi saat sosialisasi pendaftaran peserta Pemilu 2019 bersama perwakilan Parpol di Melawi. Hingga hari penutupan pendaftaran, terdapat 15 Parpol yang mendaftar ke KPU Melawi.
NANGA PINOH, SP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik memperpanjang waktu pendaftaran partai politik untuk menjadi peserta pemilihan umum (Pemilu) legislatif dan presiden 2019 hingga Selasa (17/10). Keputusan tersebut memberikan peluang kepada sejumlah partai yang belum menyerahkan berkas pendaftaran agar segera melengkapi persyaratan sesuai dengan aturan yang ditetapkan KPU.

Menurut Ketua KPU Singkawang, Julita, hingga Selasa (17/10) terdapat 15 Parpol yang telah resmi mendaftar ke KPU Melawi dan telah melakukan perbaikan berkas dan diterima pendaftarannya. “Penyerahan dokumen di tingkat kabupaten/kota masih sampai Selasa. Jadi ada 15 partai yang sudah terdaftar yakni Nasdem, PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKS, PPP, Golkar, PKPI, PKB, dan Demokrat. Partai Hanura masih menunggu perbaikan, begitu juga PBB baru menyerahkan dokumen hari ini (kemarin),” terangnya.

Sedangkan untuk partai baru, Julita mengungkapkan yang sudah mendaftar di antaranya, Partai Perindo, Partai Republik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya dan Partai Garuda. Ada juga Partai Rakyat dan Partai Idaman yang masih dalam perbaikan.

“Total untuk yang masih perbaikan berkas ada empat partai. Kita masih tunggu hingga pukul 00.00 WIB malam nanti,” katanya. Pihaknya dilanjutkan Julita, selain berkonsentrasi dalam proses pendaftaran partai, juga fokus dalam proses seleksi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemilihan Suara (PPS).

 Usai dinyatakan terdaftar, nantinya KPU akan melakukan penelitian berkas terhadap seluruh partai yang sudah mendaftarkan diri. Ditemui terpisah, Ketua DPD Partai Berkarya, Ronny Kasimin yang mendaftar di hari terakhir pendaftaran parpol mengatakan, partainya sudah memenuhi syarat pendaftaran Parpol calon peserta Pemilu 2019, sesuai dengan data yang dimasukan ke Sipol berupa lampiran F2, Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 340, dan berkasnya telah diterima KPU Melawi.

“Berkas yang kita kumpulkan hari ini adalah berbagai persyaratan yang ditentukan oleh KPU, yakni lampiran F2 sekaligus KTA dan KTP, dan setelah diverifikasi oleh petugas dinyatakan DPD Partai Berkarya Melawi resmi diterima pendaftarannya oleh KPU Kabupaten Melawi,” jelasnya. (eko/jee)

Komentar