IPSI Melawi Segera Lakukan Seleksi Atlet

Melawi

Editor Kiwi Dibaca : 404

IPSI Melawi Segera Lakukan Seleksi Atlet
Pelantikan – Wakil Ketua DPRD Melawi, Iif Usfayadi saat dilantik menjadi Ketua IPSI periode 2017-2021. Iif menargetkan Cabor Silat akan mendapatkan lima medali emas di Porprov 2018 yang akan digelar di Kabupaten Sintang
NANGA PINOH, SP – Pencak Silat menjadi cabang olahraga (Cabor) yang kerap menyumbang medali emas dalam berbagai ajang turnamen bagi Kabupaten Melawi. Pengcab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Melawi yang baru dilantik pun menargetkan silat nantinya bisa menyumbang banyak medali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang akan digelar pada tahun depan di Sintang.

Ketua IPSI Melawi, Iif Usfayadi mengungkapkan target Cabor Silat dalam saat Porprov 2018 ditargetkan sebanyak lima medali emas. Angka ini bertambah setelah sebelumnya Melawi berhasil meraih tiga emas dalam ajang yang sama di tahun sebelumnya.

   “Potensi atlet silat kita ini sebenarnya luar biasa. Apalagi secara prestasi, silat juga menjadi lumbung medali emas bagi Melawi selama ini,” katanya usai pelantikan pengurus IPSI Melawi, periode 2017-2021 di Pendopo Bupati Melawi, Minggu (26/11). Iif yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Melawi mengatakan, setelah pelantikan pengurus IPSI, pihaknya akan mengadakan seleksi atlet dari sejumlah perguruan pencak silat yang ada di Melawi. Hasil seleksi akan dibawa untuk mengikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) atau pra Porprov.

   “Karena menurut aturan KONI sekarang, untuk mengikuti Porprov harus mengikuti Pra Porprov untuk mencari delapan besar. Karena delapan besar tersebutlah yang akan mengikuti Porprov,” jelasnya. Ketua IPSI Kalbar, Sutopo menyambut baik rencana seleksi atlet yang akan dilakukan IPSI Melawi setelah pelantikan pengurus.

Menurut Sutopo, walau silat bukan cabang olahraga yang besar, tapi medali yang diperebutkan dalam Porprov cukup banyak, yakni 22 mendali emas. Karena itu perlu ada perhatian khusus dari IPSI Melawi pada para atlet silat sehingga memberikan peluang untuk bisa meraih medali dengan jumlah banyak. “Kalau memiliki atlet yang berprestasi, jangankan lima medali emas,  lebih dari itu juga bisa diraih melalui IPSI,” ujarnya. (eko/jee)