Viral, CPO PT CM di Melawi Tumpah ke Sungai, Warga Resah

Melawi

Editor K Balasa Dibaca : 454

Viral, CPO PT CM di Melawi Tumpah ke Sungai, Warga Resah
Tumpahan CPO membuat warga resah. (ist)
NANGA PINOH, SP – Tumpahan limbah pabrik kelapa sawit milik PT Citra Mahkota (CM) menjadi viral di media sosial. Dalam akun facebook milik Diar Syah, mempublikasikan foto dan video sejumlah cairan berwarna merah yang berada di sebuah sungai kecil yang awalnya diduga sebagai limbah pabrik PT CM serta sejumlah karyawan yang melakukan pembersihan.

“Warga kesal karena air sungai yang ada di kawasan tercemari limbah hasil pabrik PT CM. Dampaknya air sungai Keruap berubah warna. Pembuangan limbah ini tentu sangat merugikan warga,” keluhnya.

Pabrik PT CM sendiri berdiri di wilayah Desa Nanga Keruap, Kecamatan Menukung. Kini, informasi soal limbah yang dianggap mencemari sungai ikut meresahkan warga sekitar.

“Kami sudah sering mengingatkan perusahaan untuk menghentikan aktivitas yang bisa merusak dampak lingkungan. Ini sudah begitu parah, seharusnya jangan sampai limbah dilepas sembarangan,” kata Diar Syah.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Melawi sudah melakukan pengecekan terkait adanya informasi masyarakat yang viral di facebook soal tumpahan limbah pabrik PT Citra Mahkota. Hasil pengecekan dan laporan perusahaan, yang tumpah bukanlah limbah, namun minyak CPO yang meluber dari bak penampungan.

“Kejadian pada 1 Maret dan kemudian viral di Facebook. Nah, dari LH sudah mengecek ke lapangan pada Sabtu (3/3) bersama satu staf dari Dinas Pangan dan Perkebunan “ terang Kabid Tata Lingkungan dan Konservasi Sumber Daya Alam DLH Melawi, Zulkarnain ditemui dikantornya, Rabu (7/3).

Zulkarnain memapakarn, tumpahan CPO ini terjadi karena adanya curah hujan yang tinggi. Sementara bak penampungan CPO sudah tak mampumenampung CPO sehingga membuat minyak sawit tersebut meluber keluar. (eko)