Pemkab Melawi Tak Anggarkan Dana untuk POPDA Kalbar 2018

Melawi

Editor Indra W Dibaca : 456

Pemkab Melawi Tak Anggarkan Dana untuk POPDA Kalbar 2018
Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono. (Ist)
NANGA PINOH, SP – Berita soal tidak adanya perwakilan Kabupaten Melawi dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Kalbar menjadi perhatian masyarakat di Melawi.

Melalui media sosial, para netizen mempertanyakan apa yang menjadi sebab Melawi tak mengirimkan atlet di ajang tersebut.

Sekda Melawi, Ivo Titus Mulyono ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, Rabu (18/7) mengakui kewenangan untuk mengirim atlet cabang olahraga dalam even POPDA merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.

“Memang untuk kegiatan ini tidak teranggarkan dalam APBD, mengingat dana kita tahun ini sangat terbatas. Sehingga Melawi tidak mengirim atlet ke Pontianak,” katanya.

Ivo beralasan, masih banyak kegiatan dan program di Melawi yang dianggap lebih prioritas ketimbang kegiatan POPDA. Sehingga sejumlah even yang dianggap tidak terlalu penting tidak mendapat kucuran anggaran.

“Berbeda dengan Porprov (pekan olahraga provinsi). Kalau itu sudah kita anggarkan,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Selasa (17/7), ratusan peserta POPDA 2018 dari berbagai kabupaten dan kota di Kalbar memadati GOR Pangsuma Pontianak untuk mengikuti kegiatan pembukaan POPDA oleh Pj Gubernur Kalbar, Dodi Riyadmadji.

Semua kabupaten dan kota di Kalbar mengirim utusan mereka untuk berjuang menjadi yang terbaik di delapan cabang olahraga yang dipertandingkan pada POPDA kali ini. Namun hanya Kabupaten Melawi yang absen.

Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar, Sugeng Hariadi menjelaskan bahwa Kabupaten Melawi memang tidak ada mengirim atlet mereka untuk mengikuti ajang tahunan kali ini. (eko/nak)