Bupati Dukung Pencarian Sumber Air Tirta Melawi

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 238

Bupati Dukung Pencarian Sumber Air Tirta Melawi
Air terjun Cahai Sebelas
Nanga Pinoh, SP - Bupati Melawi, Panji mendukung PDAM Tirta Melawi mencari sumber air bersih selain dari Sungai Pinoh. Dia juga meminta PDAM mandiri dan profesional melayani pelanggan.  

“PDAM harus bisa sehat, mandiri walau tidak profit oriented. Kita harus mencari sumber air yang teruji. Jadi bukan hanya perkiraan. Bukan hanya mampu pada saat hujan. Tapi kita harus cari yang mampu saat musim hujan maupun kemarau,” kata Paji, Minggu (7/10).  

Sumber dari air terjun Cahay Sebelas, menurut Panji dapat menjadi salah satu harapan. Namun pemda belum pernah melakukan pengecekan ke lokasi sumber air.  

Menurut Panji, jika diperlukan akan dibentuk tim bersama Pemda dan PDAM untuk menindaklanjuti. Sumber air harus bisa bertahan jangka panjang hingga ratusan tahun.  

“Sekiranya nanti kalau kita bangun bisa dipakai untuk seterusnya. Tidak mudah terpengaruh kondisi sekitar, serta aman. Kalau yang lalu itu kita kurang hati-hati. Kita bangun disana sumber air bersih, tapi disisi lain masyarakat menebangi hutan atau pohon di sekitar sumber, sehingga menjadi tandus dan gundul. Tentu tak ada air bila seperti ini,” paparnya.  

Selain Cahay Sebelas, Panji juga mengusulkan sumber air di Bukit Saran menjadi pilihan lainnya. Karena air dari bukit tersebut mengalir ke sejumlah sungai.  

“Kalau saran saya diambil, saya yakin Melawi, Sintang, bahkan Sekadau bisa dijangkau. Karena sumber airnya terbesar,” kata Panji.  

Meski saat ini PDAM kesulitan mendapat pasokan air bersih, Bupati meminta pelayanan tetap berjalan. Dia mengaku siap meminta bantuan ke pemerintah pusat.  

“Kita buat perencanaan, usulan dan rincian. Pusat saya yakin punya ketersediaan anggaran untuk itu. Asal betul sudah ada data yang bisa dipegang dari kita di daerah. Saya siap mengantarkan usulan itu dan presentasi di pusat,” ujarnya. (eko)