q Suara Pemred − Warga Sokan Kini Nikmati BBM Satu Harga

Warga Sokan Kini Nikmati BBM Satu Harga

Melawi

Editor Angga Haksoro Dibaca : 143

Warga Sokan Kini Nikmati BBM Satu Harga
Nanga Pinoh, SP – Sokan, Kecamatan terujung di Kabupaten Melawi kini memiliki SPBU penyalur bahan bakar minyak satu harga. BBM jenis premium dan solar yang menjadi  kebutuhan utama masyarakat dapat dibeli dengan harga yang sama dengan masyarakat di kota.  

Pemilik SPBU Kompak, Gunawan Syah dalam peresmian SPBU, Senin (12/11) di Nanga Sokan mengatakan SPBU ini diharapkan memangkas disparitas harga yang ditetapkan pemerintah dengan di hulu Melawi.  

“Dulu harga bensin biasa Rp 12 ribu di Sokan, sekarang masyarakat dapat mendapatkan premium dengan harga yang sama dengan masyarakat kota Rp 6.450 per liter,” kata Gunawan.  

Sementara itu, anggota DPR RI, Katherine Oendoen berharap semoga SPBU yang baru diresmikan dapat memberikan pelayanan terbaik. Penjualan BBM benar benar diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan.  

“Jangan ada penjual eceran yang begitu dekat SPBU. Bila ada mobil bagus atau mobil sawit, saya harap jangan diberikan. Solar dan premium hak masyarakat kurang mampu,” ujar Katherine Oendoen.  

Anggota Unsur Pemangku Kepentingan Dewan Energi Nasional (DEN), Tumiran mengatakan BBM satu harga adalah upaya pemerintah agar masyarakat tidak menikmati harga BBM yang berbeda.   

“Dari sini Pertamina tidak dapat untung, karena biaya transportasi diambil dari keuntungan ditempat lain,” kata Tumiran.  

Tumiran menuturkan BBM satu harga adalah upaya agar energi bisa merata di seluruh Indonesia. “Kalau sudah ada SPBU, perekonomian bisa tumbuh dengan lebih baik. Transportasi bisa lebih lancar, pendidikan akan menjadi lebih baik,” katanya.

Sales Executive VII Pertamina Wilayah Kalbar, Andi Reza Ramadan mengatakan SPBU yang berada di Desa Nanga Sokan Kecamatan Sokan termasuk SPBU 3T (terdepan, terluar, terpencil) mengingat letaknya yang cukup jauh dari kota. Pendistribusian dari depo Pertamina Sintang, berjarak lebih dari 170 kilometer.   

“Karenanya nanti dalam pelaksanaan pendistribusiannya akan menggunakan armada khusus yang tak akan mengganti distribusi BBM di SPBU lain di dalam kota,” ujar Andi Reza Ramadan.  

Di Melawi ada tiga SPBU yang berada dalam kota Pinoh, satu di Ella hilir dan empat APMS. Terkait pasokan, Andi menerangkan nantinya pendistribusian disesuaikan dengan kebutuhan BBM di Sokan.  

“Kalau perkiraan Pertamina kebutuhan per hari di Sokan sekitar 3 ton untuk solar maupun premium. Artinya dengan armada berkapasitas 8 ribu liter, bisa tiga hari sekali dilakukan distribusi BBM.” (eko)