BPBD Mempawah Konsultasi Perubahan Status Siaga

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 487

BPBD Mempawah Konsultasi Perubahan Status Siaga
Ilustrasi
MEMPAWAH, SP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mempawah akan berkonsultasi ke Pemprov Kalbar terkait perubahan status siaga kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Mempawah.

"Sampai Oktober status kita masih siaga karhutla, namun saat ini di Mempawah sering terjadi puting beliung, banjir dan tanah longsor," kata Kepala Subbidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah, Didik Sudarmanto, Jumat (1/9).

Menurut Didik, kondisi cuaca ekstrim yang kerap terjadi di Mempawah membutuhkan perhatian dan penanganan serius. Karena itu pihak berencana akan mengeluarkan status siaga puting beliung dan tanah longsor.

“Jika kami mengeluarkan mengeluarkan status waspada puting beliung dan tanah longsor, apakah status siaga karhutla akan gugur, itu yang akan kami tanyakan,” jelasnya.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang diterima BPD Mempawah, Menurut Didik, kecepatan angin di Mempawah masih aman. Namun kondisi ini sewaktu-waktu bisa berubah dan sulit diprediksi.

“Cuaca saat ini sering berubah dan sulit diprediksi, karena itu kita mengimbau masyarakat untuk lebih waspada saat hujan deras dan disertai angin,” imbaunya. (ben/jee)

Komentar