500 Blanko SIM Telah Siap

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 513

500 Blanko SIM Telah Siap
Ilustrasi. Net
MEMPAWAH, SP – Kasat Lantas Polres Mempawah AKP Eko Budi Darmawan menyerukan kepada warga pemegang Surat Ijin Mengemudi (SIM) sementara dapat segera mendatangi Polres Mempawah guna mendapatkan SIM asli.

“Kami telah mendapatkan droping dari Mabes Polri melalui Polda Kalbar 5000 lembar blanko untuk mencetak SIM. Silakan bagi masyarakat SIM Sementara bisa langsung diurus ke Mapolres untuk mendapatkan SIM asli,” kata Eko, kemarin.

Berdasarkan data Unit Lantas Polres Memapawah, selama tiga bulan terakhir, Polres Mempawah telah mengeluarkan SIM sementara sebanyak hampir tiga ribu lembar.

“Stok blanko yang kita terima saat ini masih aman untuk cetak pengganti sim sementara dan menerbitkan SIM bagi pemohon baru maupun pemohon perpanjang,” ujarnya. 

Hingga akhir september 2017 ini Mapolres Mempawah telah mengeluarkan 3.285 surat ijin mengemudi (SIM) sementara kepada para pemohon SIM di Kabupaten Mempawah, sebagai imbas dari kosongnya blanko SIM.

Sementara, Paur Humas Polres Mempawah Ipda Imam Widhiatmoko mengatakan sambil menunggu material blanko SIM dari mabes polri, para pemohon SIM  baru dan perpanjang diberikan SIM sementara berupa kertas sebagai bukti bahwa masyarakat telah mengajukan sim baru dan juga perpanjangan.

"Lembaran yang di keluarkan oleh satuan lalu lintas polres mempawah ini ditandatangani oleh pejabat yang berwenang di fungsi lalu lintas," ujarnya.

Ia mengatakan setiap pemohon SIM baru tetap mengikuti prosedur yang berlaku, dan tahapan-tahapan dalam penerbitan SIM.

SIM sementara masa berlakunya tidak di tentukan, sampai menunggu materil sim yang sebenarnya datang dari mabes polri.

"Apabila materil sim sudah datang, kami akan menginformasikan kepada pemohon untuk mengambil materil SIM asli, langsung dengan identitas pemohon, karena pada saat pembuatan sim telah direkam data dan foto pemohon sim," ujarnya. (ben/ang)

Komentar