Sindikat Curanmor Mempawah Terungkap

Mempawah

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 418

Sindikat Curanmor Mempawah Terungkap
CURANMOR - Dua pelaku Curanmor diamankan di Mapolres Mempawah, Rabu (29/11). Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi mengatakan, penyelidikan dilakukan selama tiga bulan.

Polisi Tangkap Tiga Pelaku, Satu Diantaranya Wanita


Satreskrim Polres Mempawah membekuk tiga pelaku curanmor, yang beraksi di berbagai lokasi di Kabupaten Mempawah, Rabu (29/11). Ketiga pelaku yakni ZL (28) warga Kecamatan Mempawah Timur, AN (20) warga Kecamatan Sungai Pinyuh dan SR remaja wanita berumur 17 tahun warga Kecamatan Sungai Pinyuh.

SP - Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi mengatakan, ketiga tersangka memiliki peran masing-masing. SR memantau lokasi sementara dua rekannya ZL dan AN mengeksekusi.

Penyelidikan dilakukan selama tiga bulan terhadap pelaku ini. Awalnya, ZL terlebih dahulu ditangkap. Penangkapan ZL bekerja sama dengan Polsek Monterado. Bahkan ZL juga dilumpuhkan akibat melawan aparat.

“Mereka ini bukan jaringan baru. Mereka melakukan Curanmor denga cara mengandalkan kelalian warga yang menyiampan kunci kendaraannya di motor,” katanya.

Dari para tersangka, polisi berhasil mengamankan empat sepeda motor. Para pelaku Curanmor tersebut akan dikenakan Pasal 363 KUHP, dan Pasal 362 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Sedangkan  SR (17) jika memang benar imasih anak di bawah umur maka penangananya akan berbeda.

Sementara itu, Paur Humas Polres Mempawah, Ipda Imam Widyarmoko mengatakan, sepanjang tahun 2017, sebanyak 32 perkara Curanmor dan 10 orang tersangka yang telah ditangani Polres Mempawah.  

Menurut dia, perkara Curanmor hampir merata terjadi di seluruh wilayah hukum Polres Mempawah. Dan sebagian besar, para pelaku saling berhubungan. 

“Kita tetap menekan aksi-aksi kejahatan seperti Curanmor merajalela di Mempawah,” ucapnya. 

Modus pelaku dalam menjalankan aksinya cukup beragam, seperti misalnya merusak kunci pengaman, masuk ke dalam rumah dan bahkan jika melihat kunci tertinggal di sepeda motor. 

“Telah sering kita ingatkan kepada warga untuk memasang pengaman ganda sepeda motor,” tutupnya. 

Warga Mempawah, Mulyadi Jaya mengapresiasi kepolisian dalam membekuk para pelaku Curanmor. Namun dia berharap ke depan agar lebih ditingkatkan. “Lebih mengaktifkan peran dan fungsi Bhabinkamtibmas bisa menekan akan pencurian,” ucapnya. (ruben/ang)